Satria, Yogi (2013) PERANCANGAN MEDIA PROMOSI GUDEG WIJILAN BU NUR YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
Yogi Satria 09206241008.pdf Download (10MB) | Preview |
Abstract
Promosi Gudeg Wijilan Bu Nur bertujuan untuk memberikan informasi tentang masakan khas Yogyakarta melalui konsep perancangan komunikasi visual dengan konsep tradisi lokal. Ide perancangan media promosi ini adalah banyaknya masyarakat Yogyakarta yang menyukai motif Parang Rusak Barong untuk dipakai disegala aspek, dan dapat kita jumpai disekitaran Yogyakarta dengan mudah, seperti: baju, tas, kendaraan, dinding jalan dan lainnya. Diharapkan dengan melihat motif Parang Rusak Barong disekitaran Yogyakarta akan teringat dengan Gudeg Wijilan Bu Nur. Proses perancangan melalui tahapan pengumpulan data, baik data verbal maupun visual dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan 4P (Product, Price, Place, Promotion), dan kesimpulan proses pembuatan media promosi dalam hal kreatifitas serta gagasan baru. Proses ini melalui 3 tahapan yaitu rought layout, comprehensive layout, complete layout menggunakan metode pengerjaan secara manual (sketsa). Instrumen yang digunakan dalam pembuatan karya tentunya berupa perangkat manual seperti pensil, sketbook, drawing pen, dan perangkat hardware dan software komputer dan kamera digital. Hasil dari perancangan media promosi ini berupa media utama (prime media) dan media pendukung (supporting media), media utama yaitu brosur karena dapat dibagikan secara luas, isi yang terkandung didalamnya lebih banyak dan lengkap, dan tempat sasaran juga bisa berpindah-pindah sesuai keinginan. Media pendukung yaitu kartu nama, leaflet, display number, kaos, pin, box kendil, box makan, spanduk, banner, nota, tas plastik, daftar harga, dan stiker. Sistem yang membedakan Gudeg Wijilan Bu Nur dengan Gudeg Wijilan yang lain menggunakan konsep tradisi lokal yaitu motif Parang Rusak Barong dan ilustrasi berupa figur yang dideformasikan dari wajah Bu Nur dengan gaya kartun yaitu maskot. Pendekatan kartun digunakan dalam perancangan media promosi ini karena mudah diingat, lucu dan dapat menarik perhatian masyarakat Yogyakarta khususnya wisatawan lokal maupun mancanegara.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | perancangan, mdia promosi, gudeg wijilan |
Subjects: | Seni dan Budaya > Seni Rupa |
Divisions: | Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Rupa |
Depositing User: | Admin Pendidikan Seni Rupa FBS |
Date Deposited: | 15 Jun 2015 07:00 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 23:35 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20616 |
Actions (login required)
View Item |