IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION DALAM MENGGAMBAR ILUSTRASI PADA SISWA KELAS VIII B SMP NEGERI 5 SLEMAN

Susanti, Selviana (2014) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION DALAM MENGGAMBAR ILUSTRASI PADA SISWA KELAS VIII B SMP NEGERI 5 SLEMAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Selviana Susanti 09206241015.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran dan hasil pembelajaran kooperatif melalui metode Group Investigation dalam menggambar ilustrasi pada siswa kelas VIII B SMP Negeri 5 Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran Seni Budaya dan siswa kelas VIII B SMP Negeri 5 Sleman. Penelitian difokuskan pada proses pembelajaran dengan metode Group Investigation pada siswa kelas VIII B dengan materi menggambar ilustrasi. Data diperoleh dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis menurut Matthew B. Milles dan Huberman. Keabsahan data diperoleh melalui teknik trianggulasi. Pelaksanaan pembelajaran menggambar ilustrasi pada kelas VIII B SMP Negeri 5 Sleman selama 3x pertemuan menggunakan metode kooperatif tipe Group Investigation melalui 6 tahapan: pembentukan kelompok (grouping) terdiri dari 6 kelompok, perencanaan (planning) membuat sket ilustrasi sesuai dengan tema, pelaksanaan menggambar ilustrasi sampai finishing (investigation), menyiapkan laporan karya, mempresentasikan hasil karya, dan evaluasi karya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran tipe Group Investigation cocok untuk diterapkan dalam materi menggambar ilustrasi di kelas VIII B SMP Negeri 5 Sleman, dengan indikator bahwa siswa menjadi aktif dalam proses pembelajaran seni rupa dalam menggambar ilustrasi. Interaksi antar siswa terjalin, siswa bekerja sama dalam melaksanakan tugas dengan satu kelompoknya saling membantu satu sama lain dengan satu tujuan yang sama yakni pemecahan masalah mengenai tema. Secara keseluruhan hasil penilaian karya siswa dalam menggambar ilustrasi sudah baik dan mendapatkan nilai diatas nilai KKM yaitu 75. Siswa yang memperoleh nilai baik sebanyak 13 siswa, yang memperoleh nilai cukup sebanyak 11 siswa. Untuk penilaian kelompok, terdapat 4 kelompok berpredikat baik dan 2 kelompok berpredikat cukup. Sehingga dapat disimpulkan bahwa implementasi pembelajaran kooperatif Group Investigation menjadikan siswa aktif yang mana berdampak pada hasil belajar yang lebih baik.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: implementasi, pembelajaran kooperatif, group investigation, ilustrasi
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Rupa
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Rupa FBS
Date Deposited: 15 Jun 2015 06:50
Last Modified: 29 Jan 2019 23:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20613

Actions (login required)

View Item View Item