AIR TERJUN JUMOG SEBAGAI IDE PENCIPTAAN MEDIA PROMOSI VISUAL

Istiyanto, Rakhman (2013) AIR TERJUN JUMOG SEBAGAI IDE PENCIPTAAN MEDIA PROMOSI VISUAL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Rakhman Istiyanto 09206241010.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Air Terjun Jumog Sebagai Ide Penciptaan Media Promosi Visual bertujuan memberikan informasi yang mudah dipahami oleh masyarakat luas, melalui perancangan media promosi visual yang efektif, efisien, serta komunikatif diharapkan dapat meningkatkan minat wisatawan mengunjungi obyek wisata air terjun Jumog. Proses perancangan dilakukan dengan tahapan yang sistematis diawali dari pengumpulan data, baik data verbal maupun visual dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi, data dianalisis dengan menggunakan teknik SWOT (Strengths, Weakness, Opportunities, and Threats), untuk membuat konsep perancangan baik bentuk maupun teknik pembuatan media promosi. Proses perancangan mengacu pada kreatifitas dan kemampuan menyajikan gagasan baru dan inovatif, melalui tahapan proses membuat layout gagasan, layout kasar dan layout lengkap. Instrumen yang digunakan dalam pembuatan karya diantaranya berupa perangkat manual misalnya pensil dan bolpoin. Selain itu juga menggunakan perangkat komputer, digital camera dan scanner. Perancangan media promosi ini menghadirkan/menampilkan sifat kealamian dan keramah-tamahan sebagai ide pembuatan dan pengolahan pemandangan obyek wisata air terjun Jumog merupakan fokus utama dari visualisasi media promosi ini. Target utama audiens perancangan media promosi ini adalah keluarga, pada lingkup masyarakat dalam dan luar dari Kabupaten Karanganyar serta masyarakat umum di seluruh wilayah Indonesia. Hasil dari perancangan media promosi berupa perancangan logo yang diterapkan dalam media utama (prime media) dan media pendukung (supporting media). Media promosi utama (prime media) yang dihasilkan adalah billboard, dan media pendukung (supporting media) berupa iklan majalah, x-banner, leaflet, brosur, poster, sign system, dan seragam karyawan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: air terjun, media promosi visual
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Rupa
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Rupa FBS
Date Deposited: 15 Jun 2015 06:48
Last Modified: 29 Jan 2019 23:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20612

Actions (login required)

View Item View Item