PERBANDINGAN HASIL PEMBELAJARAN EKSTRA MELUKIS ANTARA METODE MENCONTOH DENGAN METODE CERITA PADA PESERTA DIDIK TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL PERUMNAS CONDONGCATUR YOGYAKARTA

Kusumo, Ikhsan Hargo (2014) PERBANDINGAN HASIL PEMBELAJARAN EKSTRA MELUKIS ANTARA METODE MENCONTOH DENGAN METODE CERITA PADA PESERTA DIDIK TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL PERUMNAS CONDONGCATUR YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Ikhsan Hargo Kusumo 08206244013.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan hasil pembelajaran ekstra melukis di Taman Kanak-kanak Aisyiyah Bustanul Athfal Perumnas Condongcatur Yogyakarta dengan metode mencontoh dan metode cerita. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan cara observasi, dokumentasi dan wawancara. Instrumen penelitian dalam penelitian ini menggunakan tes praktek. Subjek penelitian ini adalah pendidik dan peserta didik kelompok B 3 Taman Kanak-kanak Perumnas Condongcatur Yogyakarta. Data yang diperoleh di analisis menggunakan uji paired sample t-test dengan program SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan berdasarkan hasil pengujian paired sample t-test, diketahui bahwa nilai t hitung sebesar -3,483 dengan nilai sig. sebesar 0,002 yang lebih kecil dari 5%. Artinya hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Dengan diterimanya Ha berarti ada perbedaan hasil pembelajaran antara metode mencontoh dengan metode cerita. Berdasarkan perhitungan prosentase keberhasilan pembelajaran dengan menggunakan metode cerita diperoleh hasil 92% sedangkan prosentase keberhasilan pembelajaran dengan menggunakan metode mencontoh diperoleh hasil 60%. Hal ini berarti pembelajaran ekstra melukis dengan menggunakan metode cerita lebih memberikan hasil yang baik bagi pembelajaran melukis daripada menggunakan metode mencontoh.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: melukis, taman kanak-kanak, metode cerita, metode mencontoh
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Rupa
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Rupa FBS
Date Deposited: 15 Jun 2015 06:37
Last Modified: 29 Jan 2019 23:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20607

Actions (login required)

View Item View Item