Kurniawati, Candra (2013) PERANCANGAN PROMOSI KERAJINAN KIPAS TANGAN MAKMUR JAYA POLANHARJO, KLATEN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
Candra Kurniawati 08206244032.pdf Download (6MB) | Preview |
Abstract
Perancangan promosi Kerajinan Kipas Tangan Makmur Jaya Polanharjo, Klaten bertujuan untuk merancang promosi yang efektif, efisien, dan mengandung nilai estetis sebagai sarana informasi bagi masyarakat mengenai produk Kerajinan Kipas Tangan Makmur Jaya, sehingga mampu melekat di masyarakat. Manfaat dari perancangan ini adalah memberikan informasi yang mudah dipahami oleh masyarakat luas, di Klaten pada khususnya, melalui konsep perancangan visual, serta diharapkan dapat meningkatkan penjualan kerajinan kipas tangan Makmur Jaya. Target audiens perancangan promosi ini adalah usia 25 – 40 tahun. Proses perancangan melalui tahapan pengumpulan data, baik data verbal maupun visual dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan teknik 4P (Product, Price, Promotion, and Place), sehingga membentuk unsur perancangan dalam desain dan kesimpulan dalam proses pembuatan media promosi. Konsep perancangan promosi ini adalah efektif, efisien, dan estetis yang diterapkan pada pemilihan dan perancangan karya. Proses perancangan melalui empat tahapan yaitu membuat idea layout, rough layout, comprehensive layout dan final design dengan menggunakan teknik digital editing. Instrumen yang digunakan dalam pembuatan karya diantaranya berupa perangkat manual misalnya pensil, dan drawing pen. Selain itu juga menggunakan perangkat komputer, digital camera dan scanner. Hasil dari perancangan media promosi berupa media utama (prime media) dan media pendukung (supporting media). Prime media (media utama) yang dipakai berupa sign system dengan ukuran 1,2 x 1,8 m, sedangkan supporting media (media pendukung) antara lain logo, label (1, 8 x 5,8 cm), kartu nama (9 x 5,5 cm), nota (16,5 x 10,5 cm), sticker (14,6 x 4 cm dan 8 x 2,2 cm), company profile (14,5 x 21 cm), paper bag (29,5 x 22 x 7 cm), kardus (42 x 34 x 29 cm), neon box (1,5m x 15cm x 1,2m), amplop (23 x 11 cm) dan kop surat (21 x 29,7 cm). Sebagai sistem identitas yang membedakan Makmur Jaya dengan produk kerajinan kipas lain digunakan logo. Logo Makmur Jaya mengacu pada bentuk dasar kipas. Melalui media promosi yang dirancang diharapkan menimbulkan daya tarik masyarakat sehingga dapat menjaga eksistensi dalam menghadapi pesaingnya.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | promosi, kerajinan kipas angin |
Subjects: | Seni dan Budaya > Seni Rupa |
Divisions: | Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Rupa |
Depositing User: | Admin Pendidikan Seni Rupa FBS |
Date Deposited: | 15 Jun 2015 06:20 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 23:34 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20603 |
Actions (login required)
View Item |