UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MAHASISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH DENGAN MENGIMPLEMENTASIKAN METODE PROBLEM POSING DALAM SETTING PEMBELAJARAN KOLABORATIF

Ali Mahmudi, M.Pd. (2007) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MAHASISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH DENGAN MENGIMPLEMENTASIKAN METODE PROBLEM POSING DALAM SETTING PEMBELAJARAN KOLABORATIF. [Experiment/Research]

[img]
Preview
Text
Ali_Mahmudi.pdf

Download (9kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan implementasi metode problem posing dalam setting pembelajaran kolaboratif, tanggapan mahasiswa, kemampuan mahasiswa dalam memecahkan, dan hasil belajar mahasiswa setelah mengikuti kegiatan pembelajaran dengan menerapkan metode problem posing dalam setting pembelajaran kolaboratif. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus dengan subjek Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika FMIPA UNY pada mata kuliah Geometri. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi kegiatan pembelajaran, tes hasil belajar, dan angket tanggapan mahasiswa. Data yang diperoleh dianalisis secara kualitatif (mendeskripsikan implementasi pembelajaran dan kemampuan pemecahan masalah) dan kuantitatif (tanggapan mahasiswa dan hasil belajar mahasiswa). Pembelajaran dengan mengimplementasikan metode problem posing dalam seting pembelajaran kolaboratif dilaksanakan sebagai berikut. Kegiatan pendahuluan : dosen dengan memberikan gambaran materi yang akan dibahas, kegiatan inti : suatu kelompok penyaji mempresentasikan ringkasan materi dan soal-soal beserta penyelesaiannya, dilanjutkan dengan forum diskusi dan tanya jawab antara kelompok penyaji dengan mahasiswa, dan kegiatan penutup dilaksanakan oleh dosen dengan mereview hasil diskusi dan menyampaikan hal-hal yang belum dipahami mahasiswa. Pada siklus 2, ditambah kegiatan presentasi soal oleh suatu kelompok secara sukarela dan pada akhir siklus pembelajaran diisi dengan pembahasan soal-soal yang diajukan oleh mahasiswa secara berkelompok. Sebagian besar mahasiswa memberikan tanggapan positif terhadap pembelajaran, yaitu sebesar 77,88%. Kemampuan pemecahan masalah mahasiswa meningkat. Hasil belajar mahasiswa dalam pembelajaran dapat dikatakan meningkat dari siklus1 ke siklus 2. FMIPA, 2007 (PEND. MATEMATIKA)

Item Type: Experiment/Research
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Matematika
Date Deposited: 20 Jun 2012 02:56
Last Modified: 02 Oct 2019 02:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/206

Actions (login required)

View Item View Item