Eka H., B. Ardiyanto (2013) PERANCANGAN MEDIA PROMOSI OBJEK WISATA DI PANTAI GLAGAH KULON PROGO. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
B Ardiyanto Eka H 08206244025.pdf Download (44MB) | Preview |
Abstract
Perancangan media promosi Objek Wisata di Pantai Glagah Kulon Progo bertujuan untuk lebih mengenalkan wisata pantai Glagah kepada masyarakat luas. Manfaat dari perancangan ini adalah memberikan informasi yang mudah dipahami oleh masyarakat luas, melalui konsep perancangan visual yang efektif dan efisien, serta diharapkan dapat meningkatkan minat wisatawan di objek-objek wisata pantai Glagah diantaranya adalah dermaga wisata, laguna, pemecah ombak dan perkebunan buah naga. Proses perancangan dilakukan dengan tahapan yang sistematis diawali dari pengumpulan data, baik data verbal maupun visual dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi, data dianalisis dengan menggunakan teknik SWOT (Strengths, Weakness, Opportunities, and Threats), untuk membuat konsep perancangan baik bentuk maupun teknik pembuatan media promosi. Proses perancangan mengacu pada kreatifitas dan kemampuan menyajikan gagasan baru dan inovatif, melalui tahapan proses membuat rough layout, comprehensive layout dan complete layout. Instrumen yang digunakan dalam pembuatan karya diantaranya berupa perangkat manual misalnya pensil, table tracing dan drawing pen. Selain itu juga menggunakan perangkat komputer, digital camera dan scanner. Hasil dari perancangan media promosi berupa media utama (prime media) dan media pendukung (supporting media). Media utama yang digunakan adalah baliho dengan ukuran 7 x 4 meter. Sedangkan media pendukung (supporting media) adalah X-banner dengan ukuran standar 160 x 60 cm, peta wisata, kaos (S, M, L, XL) untuk pria dan wanita, topi, gantungan kunci dan stiker (yang salah satunya merupakan cutting sticker) serta pembuatan logo yang diaplikasikan pada prime media (media utama) dan supporting media (media pendukung). Konsep perancangan media adalah menghadirkan/menampilkan pemandangan objek-objek wisata yang ada di pantai Glagah yaitu dermaga wisata, laguna, pemecah ombak, perkebunan buah naga dalam bentuk gambar/foto kedalam media promosi dengan tampilan desain yang sederhana dan variasi warna biru sebagai pendukung dari tema pariwisata laut/pantai yang diangkat. Target audiens perancangan media promosi ini adalah kalangan remaja hingga dewasa di Yogyakarta dan Jawa tengah.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | media promosi, objek wisata |
Subjects: | Seni dan Budaya > Seni Rupa |
Divisions: | Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Rupa |
Depositing User: | Admin Pendidikan Seni Rupa FBS |
Date Deposited: | 15 Jun 2015 06:10 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 23:34 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20599 |
Actions (login required)
View Item |