HUBUNGAN KONSEP DIRI SISWA DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI SE-KECAMATAN PAKUALAMAN YOGYAKARTA

Lestarini, Rizky (2015) HUBUNGAN KONSEP DIRI SISWA DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI SE-KECAMATAN PAKUALAMAN YOGYAKARTA. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
Rizky Lestarini_11108241026.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui hubungan antara konsep diri siswa dengan kemandirian belajar siswa kelas IV SD Negeri se-Kecamatan Pakualaman Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian adalah penelitian korelasi. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 111 siswa. Sampel berjumlah 87 siswa dilakukan dengan teknik proportional random sampling. Variabel yang dikaji yaitu konsep diri siswa dan kemandirian belajar siswa. Data diambil melalui skala konsep diri siswa dan kemandirian belajar siswa. Uji coba instrumen menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Uji validitas menggunakan validitas konstrak dengan judgment expert dan rumus Product Moment. Uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha, instrumen konsep diri memiliki koefisien alpha cronbach sebesar 0,913 dan instrumen kemandirian belajar memiliki koefisien alpha cronbach sebesar 0,892. Teknik analisis data terdiri atas tiga tahap, yaitu tahap deskripsi data, tahap uji prasyarat analisis, dan tahap pengujian hipotesis. Tahap uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas dan uji linieritas. Uji hipotesis menggunakan teknik korelasi Product Moment. Hasil penelitian ini menunjukkan ada hubungan positif dan signifikan antara konsep diri siswa dengan kemandirian belajar siswa kelas IV SD Negeri se- Kecamatan Pakualaman Yogyakarta. Hal tersebut ditunjukkan dengan harga rhitung sebesar 0,854 lebih besar daripada rtabel dengan N= 87 pada taraf signifikansi 5% sebesar 0,213, sehingga rhitung > rtabel (0,854> 0,213). Kata Kunci : konsep diri, kemandirian belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 16 Jun 2015 00:28
Last Modified: 29 Jan 2019 23:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20591

Actions (login required)

View Item View Item