AIR TERJUN CURUG SILAWE SEBAGAI CORPORATE IDENTITY PERANCANGAN OBJEK WISATA

Saifudin, Zaeni Azhar (2013) AIR TERJUN CURUG SILAWE SEBAGAI CORPORATE IDENTITY PERANCANGAN OBJEK WISATA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Zaeni Azhar Saifudin 09206241039.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Perancangan media promosi ini bertujuan sebagai media promosi Objek Wisata Curug Silawe yang bertempat di Dusun Kopeng Kulon, Kelurahan Sutopati, Kecamatan Kajoran, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah, yang selama ini belum terlalu dikenal masyarakat luas. Objek Wisata Curug Silawe belum mempunyai media promosi formal, juga belum mempunyai desain logo, tipogrAfi dan maskot. Letak Objek Wisata Curug Silawe tidak terlalu jauh dengan Objek Wisata Candi Borobudur, jaraknya kurang lebih 25 kilometer atau jika ditempuh dengan kendaraan bermotor kira-kira 30 menit saja. Jarak Objek Wisata Curug Silawe yang tidak terlalu jauh dengan Objek Wisata Candi Borobudur, seharusnya dapat dimanfaatkan untuk menarik wisatawan lebih banyak berkunjung ke Objek Wisata Curug Silawe. Proses perancangan media promosi Objek Wisata Curug Silawe ini melalui tahap pengumpulan data, analisis data dengan menggunakan analisis SWOT dan dilanjutkan tahap visualisasi desain. Tahap pertama adalah proses pembuatan logo, tipografi dan maskot Objek Wisata Curug Silawe. Proses pembuatan diawali dengan layout gagasan yaitu sketsa manual pada kertas, setelah sketsa dipilih dilanjutkan dengan layout kasar, yaitu proses lining dengan alat pen tablet dengan software photoshop. Tahap terakhir adalah layout lengkap, yaitu tahap finishing desain menggunakan software coreldraw X5. Perancangan media promosi Objek Wisata Curug Silawe menggunakan analisis SWOT menghasilkan: (1) Strenght, kekuatan dan ciri khas Objek Wisata Curug Silawe adalah Corporate Identity berupa logo air terjun, serta penggunaan warna hijau dalam semua desain, (2) Weakness kelemahan Objek Wisata Curug Silawe adalah belum mempunyai media promosi maka perlu dibuat media promosi berupa Billboard, dipasang di pertigaan Museum Haji Widayat, Jalan Letnan Tukiyat, Mungkid, (3) Opportunitties, karena letak Objek Wisata Curug Silawe dekat dengan Objek Wisata Candi Borobudur maka perlu dibuat media promosi berupa brosur yang dibagikan kepada biro wisata di Candi Borobudur, (4) Threats, letak Objek Wisata Curug Silawe terletak di pedesaan, sedangkan objek wisata lainya terletak di pusat kota dan mudah di jangkau, maka Objek Wisata Curug Silawe perlu dibuat peta yang jelas.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: air terjun, corporate identity, media promosi
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Rupa
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Rupa FBS
Date Deposited: 15 Jun 2015 04:20
Last Modified: 29 Jan 2019 23:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20581

Actions (login required)

View Item View Item