PEMBELAJARAN SENI PATUNG DI SMK NEGERI 3 KASIHAN BANTUL

Haryanto, Siera Achmad Sidhiq (2014) PEMBELAJARAN SENI PATUNG DI SMK NEGERI 3 KASIHAN BANTUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Siera Achmad Sidhiq H 08206241027.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persiapan, pelaksanaan dan hasil pembelajaran seni patung di SMK Negeri 3 Kasihan Bantul dan untuk mengetahui tahap-tahap pembelajaran seni patung yang diterapkan di SMK Negeri 3 Kasihan Bantul. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan observasi di SMK Negeri 3 Kasihan Bantul, pada kelas XI, jurusan Seni Patung, Tahun aaran 2013-2014 mulai tanggal 27 maret hingga 27 juni 2013. Jumlah murid dikelas ini ada ( siswa, pada saat melaksanakan penelitian ,materi yang diajarkan pada saat itu membuat relief pahat batu. Setelah melakukan observasi kemudian wawancara, dan dokumentasi. Pengecekan hasil temuan dalam penelitian ini dilakukan dengan triangulasi. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis deskriptif model interaktif. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi pembelajaran seni patung yang diterapkan sekolah tersebut yaitu: (1) Strategi penyiapan pembelajaran ditunjukkan dengan penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang dibuat guru seni patung disesuaikan dengan silabus dan kondisi sekolah, (2) Pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan media batu putih yang kemudian dibentuk dengan teknik memahat. Proses memahat memerlukan waktu 10 kali pertemuan, mulai dari memilih bahan, desain relief, membentuk secara global hingga relief jadi sempurna. Media tersebut telah sesuai dengan materi dan sarana yang tersedia di sekolah. (3) Hasil pembelajaran dibuktikan dengan nilai siswa yang tertinggi yaitu 92 atau nilai A, dengan kriteria komposisi objek bagus, objek terlihat detail , kerapian karya yang sangat rapi, purna karya. Sedangkan yang termasuk nilai baik yaitu 85 atau nilai B, dan yang kurang baik dengan nilai 55 atau C. Hasil karya siswa yang sangat baik akan diikut sertakan dalam pameran sekolah.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran, seni patung
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Rupa
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Rupa FBS
Date Deposited: 15 Jun 2015 04:10
Last Modified: 29 Jan 2019 23:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20578

Actions (login required)

View Item View Item