EKSPERIMENTASI TEKNIK KOLASE DENGAN SISA RAUTAN PENSIL DALAM MENGEMBANGKAN IMAJINASI ANAK RETARDASI MENTAL

Setiaji, Rony Siswo (2014) EKSPERIMENTASI TEKNIK KOLASE DENGAN SISA RAUTAN PENSIL DALAM MENGEMBANGKAN IMAJINASI ANAK RETARDASI MENTAL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Rony Siswo Setiaji 10206241045.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perkembangan imajinasi anak retardasi mental melalui teknik kolase dengan sisa rautan pensil di Sekolah Luar Biasa Negeri (SLBN) Jepon, Blora, Jawa Tengah. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan adalah One-Group Pretest-Posttest Design. Subjek penelitian adalah anak retardasi mental ringan kelas VII di Sekolah Luar Biasa Negeri (SLBN) Jepon, Blora, Jawa Tengah berjumlah 5 orang anak. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dokumentasi dan attitude test. Uji validitas instrumen dilakukan oleh dosen pendidikan seni rupa. Uji analisis menggunakan uji Wilcoxon Signed Ranks Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya perbedaan yang signifikan pada treatment III dengan treatment IV dan treatment IV dengan tes akhir yaitu nilai signifikasi lebih kecil dari 0,05. Treatment III dengan treatment IV memperoleh nilai signifikasi sebesar 0,038 < 0,05. Treatment IV dengan tes akhir memperoleh nilai signifikasi sebesar 0,039 < 0,05. Imajinasi anak retardasi mental berkembang setelah diberi perlakuan atau treatment pada treatment ke III dan ke IV. Kesimpulannya, teknik kolase dengan sisa rautan pensil dapat mengembangkan imajinasi anak retardasi mental ringan kelas VII di Sekolah Luar Biasa Negeri (SLBN) Jepon, Blora, Jawa Tengah.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: teknik kolase dengan sisa rautan pensil, anak retardasi mental, imajinasi
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Rupa
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Rupa FBS
Date Deposited: 15 Jun 2015 04:04
Last Modified: 29 Jan 2019 23:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20576

Actions (login required)

View Item View Item