HUBUNGAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN) DAN BIMBINGAN KARIR DENGAN KESIAPAN KERJA SISWA KELAS XII JURUSAN BANGUNAN DI SMK NEGERI 2 PENGASIH

Lorensia, Singgih Pratiwi (2015) HUBUNGAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN) DAN BIMBINGAN KARIR DENGAN KESIAPAN KERJA SISWA KELAS XII JURUSAN BANGUNAN DI SMK NEGERI 2 PENGASIH. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
Lorensia Singgih Pratiwi 09505241014.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

HUBUNGAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN) DAN BIMBINGAN KARIR DENGAN KESIAPAN KERJA SISWA KELAS XII JURUSAN BANGUNAN DI SMK NEGERI 2 PENGASIH Oleh: Lorensia Singgih Pratiwi NIM 09505241014 ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) gambaran pelaksanaan Praktik Kerja Industri, pelaksanaan Bimbingan Karir, dan Kesiapan Kerja pada siswa kelas XII Jurusan Bangunan di SMK Negeri 2 Pengasih, (2) hubungan prakerin dengan kesiapan kerja, (3) hubungan bimbingan karir dengan kesiapan kerja, (4) hubungan prakerin dan bimbingan karir secara bersama-sama dengan kesiapan kerja, (5) besar sumbangan efektif dari prakerin dan bimbingan karir terhadap kesiapan kerja. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan pendekatan expost facto. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XII Jurusan Bangunan SMK N 2 Pengasih yang telah menerima Bimbingan Karir dan melaksanakan Prakerin sebanyak 77 siswa. Sampel penelitian ini sebanyak 63 responden ditentukan dengan tabel Krejcie Morgan, selanjutnya sampel disetiap kelas ditentukan dengan teknik sampling proporsional. Data dikumpulkan dengan angket, wawancara, dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif dan regresi ganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) persepsi siswa tentang pelaksanaan prakerin masuk dalam kategori baik dengan mean 75,21 (66,67%), pelaksanaan bimbingan karir masuk dalam kategori efektif dengan mean 70,22 (79,37%), dan kondisi kesiapan kerja siswa masuk dalam kategori siap dengan mean 75,06 (84,13%); (2) prakerin mempunyai hubungan yang positif dan tidak signifikan dengan koefisien korelasi cukup rendah 0,416 pada taraf signifikansi 0,05; (3) bimbingan karir mempunyai hubungan yang positif dan signifikan dengan koefisien korelasi cukup rendah 0,457 pada taraf signifikansi 0,05; (4) prakerin dan bimbingan karir secara bersama-sama mempunyai hubungan yang positif dan signifikan dengan koefisien korelasi cukup rendah 0,483 pada taraf signifikansi 0,05; (5) besar sumbangan efektif kedua variabel 23,3%. Kata kunci: prakerin, bimbingan karir, dan kesiapan kerja.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Sipil dan Perencanaan
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Sipil dan Perencanaan > Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 15 Jun 2015 03:11
Last Modified: 29 Jan 2019 23:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20557

Actions (login required)

View Item View Item