PENERAPAN STRATEGI PAIKEM DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS KARYA ILUSTRASI PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN SENI BUDAYA DI KELAS VIII D SMPN 1 TURI

Apriliana, Dwi (2014) PENERAPAN STRATEGI PAIKEM DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS KARYA ILUSTRASI PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN SENI BUDAYA DI KELAS VIII D SMPN 1 TURI. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Dwi Apriliana 10206244039.pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan strategi PAIKEM sebagai solusi dalam meningkatkan kreativitas karya ilustrasi peserta didik pada kelas VIII D SMP N 1 Turi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dijabarkan secara kualitatif deskriptif. Data diperoleh dengan teknik wawancara, observasi, koesioner (angket). Data berupa skor kreativitas menggunakan acuan skala 5 (Skala Likert) diperoleh dari angket yang telah diberikan kepada guru Seni Rupa SMP N 1 Turi, kolaborator dan peneliti, dikonversikan menjadi data kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hambatan dalam meningkatkan kreativitas karya ilustrasi peserta didik disebabkan oleh (1) pelaksanaan pembelajaran ilustrasi di kelas VIII D SMP N 1 Turi belum optimal. (2) kurangnya bahan ajar dan pemanfaatan media yang ada (3) penyampaian materi ilustrasi di kelas VIII D SMP N 1 Turi hanya menggunakan metode ceramah. Untuk solusi dari hambatan yang terjadi adalah penerapan strategi PAIKEM bersama dengan model teka-teki. Dalam penerapannya menggunakan bahan ajar seinovatif mungkin dan pemanfaatan media yang lebih baik. Setelah diterapkan strategi PAIKEM kreativitas peserta didik telah meningkat, peningkatan skor rata-rata kreativitas peserta didik pada pre-test adalah 2,93 kemudian meningkat menjadi 3,22 pada siklus I, dan meningkat lagi pada siklus II yaitu 3,74. Skor nilai kreativitas meningkat dan jika ditinjau menurut kategori yaitu kurang kreatif pada awal atau pre-test menjadi kreatif pada siklus II. Dengan demikian penerapan strategi PAIKEM dengan model teka-teki ini dapat dinyatakan berhasil, karena sudah memenuhi kriteria keberhasilan yaitu mencapai kategori kreatif skor ratarata karya ilustrasi peserta didik kelas VIII D SMP N 1 Turi pada siklus II.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: PAIKEM, Kreativitas, Ilustrasi, Seni Budaya, SMP
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Rupa
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Rupa FBS
Date Deposited: 15 Jun 2015 03:07
Last Modified: 29 Jan 2019 23:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20555

Actions (login required)

View Item View Item