KEKHASAN KARYA LUKIS ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH INKLUSI KELAS IX H SMP N 2 SEWON YOGYAKARTA

Wardhana, Diah Ayunda (2014) KEKHASAN KARYA LUKIS ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH INKLUSI KELAS IX H SMP N 2 SEWON YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Diah Ayunda Wardhana 10206244020.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk karya lukis ABK dan mendeskripsikan kekhasan karya lukis ABK di Sekolah Inklusi IX H di SMP N 2 Sewon Yogyakarta, sehingga dapat mengetahui kekhasan karya lukis ABK di Sekolah Inklusi kelas IX H SMP N 2 Sewon Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 4 ABK, dengan objeknya adalah lukisan karya 4 ABK di Sekolah Inklusi kelas IX H SMP N 2 Sewon Yogyakarta. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil observasi. Penelitian difokuskan pada kekhasan bentuk karya lukis ABK di Sekolah Inklusi kelas IX H SMP N 2 Sewon Yogyakarta. Data dianalisis secara deskriptifdengan mendeskripsikan dan membahas bentuk dan kekhasan karya lukis ABK di Sekolah Inklusi kelas IX H SMP N 2 Sewon Yogyakarta, lalu dibandingkan dengan kajian teori, dan wawancara guru. Hasil penelitian menunjukan bahwa kekhasan karya lukis ABKdipengaruhi oleh perilaku anak tersebut. Dan pada perilaku anakditentukan oleh karakteristik anak. Bisu tuli beratmemiliki kekhasan pada karyanya yaituselalu menggambarkan bunga di dalam karyanya yang berjumlah satu, pewarnaannya menggunakan warna natural dan karyanya tidak ekspresif atau monoton. Bisu tuli sedang memiliki tiga tipe karya yang berbeda pada kekhasan lukisannya. Pada karya yangbertipe haptic,selalu menggambarkanlukisan yang penuh aktivitas danpenuh ekspresi pada bentuk dan warnanya. Tipekomik, lukisannya selalu memiliki cerita karena memiliki imajinasi yang sangat tinggidanselalu melukiskan dengan warna black and white/ monokrom.Tipe nonhapticyaitu melukiskan bentuk ekspresi wajah yang berbeda dari setiap karakter yang dilukiskan, selalu melukiskan bentuk objek orang yang banyak, dan melukiskan lukisan bertema tradisional.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kekhasan , Lukisan Anak , ABK Penyandang Tunarungu
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Rupa
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Rupa FBS
Date Deposited: 15 Jun 2015 02:56
Last Modified: 29 Jan 2019 23:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20547

Actions (login required)

View Item View Item