Devi, Betari Indra (2014) MOZAIK SEBAGAI MEDIA PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK TUNAGRAHITA RINGAN KELAS 1 SDLB-C SLB NEGERI 2 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
Betari Indra Devi 10206244001.pdf Download (7MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pengaruh penerapan mozaik sebagai media dalam meningkatkan kemampuan motorik halus anak tunagrahita kelas 1 SDLB-C di SLB Negeri 2 Yogyakarta. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif dengan jenis pendekatan penelitian kuasi eksperimen.Desain penelitian yang digunakan one group pre-test post-test. Subjek penelitian anak tunagrahita ringan berjumlah 3 anak. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji validitas instrumen penelitian dilakukan oleh pakar pendidikan khusus. Uji analisis menggunakan uji peringkat bertanda Wilcoxon dilanjutkan dengan uji one-way ANOVA.Trianggulasi dengan pakar pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pre-test sebesar 5,00, pada treatment pertama yaitu 5,67, treatment kedua sebesar 6,00, treatment ketiga sebesar 7,67, terakhir treatment keempat adalah 11,00, sedangkan rata-rata post-test sebesar 14,00. Kesimpulannya, mozaik dapat menjadi media dalam meningkatkan kemampuan motorik halus anak tunagrahita ringan kelas 1SDLB-C di SLB Negeri 2 Yogyakarta, dibuktikan adanya beda positif dari post-test ke pre-test. Nilai signifikansi pada uji wilcoxon sebesar 0,0415 lebih kecil dari 0,05. Saran bagi pihak sekolah memfasilitasi penerapan Mozaik sebagai media yang bisa digunakan untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak tunagrahita kategori ringan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | mozaik sebagai media, kemampuan motorik halus |
Subjects: | Seni dan Budaya > Seni Rupa |
Divisions: | Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Rupa |
Depositing User: | Admin Pendidikan Seni Rupa FBS |
Date Deposited: | 15 Jun 2015 02:51 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 23:33 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20544 |
Actions (login required)
View Item |