HUBUNGAN INTERPERSONAL GURU-SISWA DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XII PAKET KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN DI SMK NEGERI 2 YOGYAKARTA

Lilis, Trianingsih (2015) HUBUNGAN INTERPERSONAL GURU-SISWA DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XII PAKET KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN DI SMK NEGERI 2 YOGYAKARTA. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
Lilis Trianingsih 10505244037.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

HUBUNGAN INTERPERSONAL GURU-SISWA DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XII PAKET KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN DI SMK NEGERI 2 YOGYAKARTA Oleh: Lilis Trianingsih NIM 10505244037 ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) hubungan interpersonal guru-siswa kelas XII Paket Keahlian Teknik Gambar Bangunan di SMK Negeri 2 Yogyakarta; (2) tipologi profil hubungan interpersonal guru-siswa; (3) prestasi belajar siswa kelas XII Paket Keahlian Teknik Gambar Bangunan di SMK Negeri 2 Yogyakarta, (4) hubungan interpersonal guru-siswa dengan prestasi belajar siswa kelas XII Paket Keahlian Teknik Gambar Bangunan di SMK Negeri 2 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan pendekatan expost facto. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XII Paket Keahlian Teknik Gambar Bangunan di SMK Negeri 2 Yogyakarta sebanyak 91 siswa. Ukuran sampel sebanyak 75 siswa ditentukan berdasarkan tabel Isaac dan Michael. Teknik sampling secara proportional random sampling. Data dikumpulkan dengan angket dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif dan korelasi Pearson Product Moment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) hubungan interpersonal guru-siswa kelas XII Paket Keahlian Teknik Gambar Bangunan di SMK Negeri 2 Yogyakarta termasuk dalam kategori baik (mean 147,71 atau 76,93 dalam skala 100). Secara rinci untuk masing-masing sumbu pada model hubungan interpersonal adalah sebagai berikut: (a) hubungan interpersonal kooperatif guru-siswa termasuk dalam kategori tinggi (mean 30,72 atau 69,82 dalam skala 100); (b) hubungan interpersonal oposisi guru-siswa termasuk dalam kategori cukup tinggi (mean 38,80 atau 19,17 dalam skala 100); (c) hubungan interpersonal dominan guru-siswa termasuk dalam kategori tinggi (mean 44,79 atau 74,65 dalam skala 100); dan (d) hubungan interpersonal penurut guru-siswa termasuk dalam kategori rendah (mean 33,40 atau 16,50 dalam skala 100); (2) profil hubungan interpersonal termasuk dalam tipologi hubungan interpersonal direktif; (3) prestasi belajar siswa kelas XII Paket Keahlian Teknik Gambar Bangunan di SMK Negeri 2 Yogyakarta termasuk dalam kategori cukup (mean 7,78 atau 77,80 dalam skala 100); dan (4) hubungan interpersonal antara guru-siswa tidak berkorelasi signifikan dengan prestasi belajar siswa dengan koefisien korelasi rxy = 0,196<rtabel=0,227, nilai probabilitas (p)=0,091>0,05, dan nilai determinasi 4%. Kata kunci: hubungan interpersonal guru-siswa, prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Sipil dan Perencanaan
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 15 Jun 2015 02:50
Last Modified: 29 Jan 2019 23:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20542

Actions (login required)

View Item View Item