PERANCANGAN MEDIA PROMOSI WAHANA ATLANTIS “KERAJAAN BAWAH LAUT” PADA EVENT JATENG FAIR 2013 KOTA SEMARANG JAWA TENGAH

Riawan, Atyo (2014) PERANCANGAN MEDIA PROMOSI WAHANA ATLANTIS “KERAJAAN BAWAH LAUT” PADA EVENT JATENG FAIR 2013 KOTA SEMARANG JAWA TENGAH. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Atyo Riawan 08206244019.pdf

Download (27MB) | Preview

Abstract

Perancangan media promosi wahana Atlantis “Kerajaan Bawah Laut” bertujuan untuk membuat perancangan dan memvisualisasikan media promosi yang efektif, efisien, kreatif dan komunikatif sebagai upaya meningkatkan daya tarik pengunjung Event Jateng Fair 2013 khususnya wahana Atlantis. Proses perancangan promosi ini melalui tahapan, pengumpulan data, analisis data, kemudian dilanjutkan dengan visualisasi desain yang mengacu pada kreatifitas dan kemampuan menyajikan gagasan unik dengan tahapan pembuatan layout gagasan, layout kasar hingga menjadi final design. Unsur-unsur yang digunakan pada rancangan media promosi wahana Atlantis “Kerajaan Bawah Laut” dalam Event Jateng Fair 2013 ini diantaranya adalah ilustrasi dalam wujud gambar atau foto, teks untuk menyampaikan pesan yang sesuai, warna untuk membantu menimbulkan efek visual yang menarik, dan layout agar menimbulkan komposisi yang menarik pula. Instrumen yang digunakan dalam perancangan karya menggunakan perangkat komputer. Hasil dari perancangan media promosi ini berupa media utama (prime media) yaitu Figure Character maskot sedangkan media pendukung (supporting media) yaitu poster, brosur, x banner, backdrop, booklet, layout, sticker, baliho, rontek, papan nama, ilustrasi, tiket, iklan display dan kaos. Media utama menggunakan Figure Character maskot karena menjangkau lebih individual dengan lebih menarik perhatian anak-anak. Dengan pendekatan kartun yang dipakai dalam perancangan media promosi wahana Atlantis “Kerajaan Bawah Laut” berupa Maskot Neptunus, dan desain kerajaan bawah laut membuat wahana ini lebih menarik dan berbeda dari event sebelumnya. Keduanya menggunakan bentuk deformasi yang disesuaikan dengan karakter anak-anak. Gaya bahasa yang digunakan dalam perancangan media promosi ini adalah bahasa yang mudah dipahami oleh anak-anak dan masyarakat, hal ini bertujuan untuk menciptakan suasana sugestif sehingga calon pengunjung tertarik untuk datang ke wahana Atlantis “Kerajaan Bawah Laut”.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: media promosi, event jateng fair 2013
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Rupa
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Rupa FBS
Date Deposited: 15 Jun 2015 02:49
Last Modified: 29 Jan 2019 23:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20541

Actions (login required)

View Item View Item