PERMAINAN TRADISIONAL DAKON SEBAGAI TEMA PERANCANGAN INTERIOR RUANG KELAS DI TK ABA GEDONGKIWO

Noviarti, Annisah (2014) PERMAINAN TRADISIONAL DAKON SEBAGAI TEMA PERANCANGAN INTERIOR RUANG KELAS DI TK ABA GEDONGKIWO. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Annisah Noviarti 09206241018.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Tujuan perancangan ulang interior ruang kelas di TK ABA Gedongkiwo Yogyakarta adalah untuk mendeskripsikan konsep perancangan permainan tradisional dengan tema dakon, dan merancang interior ruang kelas, serta mendeskripsikan hasil perancangan. Metode dalam perancangan ulang interior ini dilakukan dengan cara observasi untuk memperoleh data berupa bentuk ruang, ukuran dan fasilitas dalam ruang kelas. Data tersebut diterapkan di dalam item elemen interior diantaranya; pelapis dinding, lantai, plafond, material, denah dan perabot. Desain dipilih dari rancangan alternatif-alternatif yang ada dan menghasilkan gambar manual. Adapun proses modeling dan rendering diolah dengan menggunakan software AutoCAD 2012, 3DS Max 2012. Dan tahap Plotting dan Finishing menggunakan software CorelDraw X6. Hasil perancangan ulang interior ruang kelas menunjukkan bahwa: (1) konsep ide perancangan dengan pengeksplorasian bentuk dakon yaitu lingkaran, ujung dakon, lubang dakon, (2) merancang ruang kelas yang diterapkan terhadap perabot sebagai alat mediasi kepada anak-anak dalam menanamkan nilai-nilai luhur, (3) perancangan berupa prototype kursi dan meja, wallpapper, serta area pengolahan elemen ruang dan tata kondisional ruang TK serta area pada ruang kelas meliputi area belajar, area bermain/belajar, area penyimpanan, area sirkulasi, area tutorial, area lalu lintas.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Perancangan ruang kelas, permainan tradisional dakon, interior
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Rupa
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Rupa FBS
Date Deposited: 15 Jun 2015 02:46
Last Modified: 29 Jan 2019 23:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20539

Actions (login required)

View Item View Item