PENINGKATAN KREATIVITAS MENCIPTA DESAIN BUSANA DENGAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF BERBASIS STAD (Students Teams Achievement Division ) PADA MATA DIKLAT MENGGAMBAR BUSANA DI SMK NEGERI 4 YOGYAKARTA

Latifa, Nur Rahmawati (2015) PENINGKATAN KREATIVITAS MENCIPTA DESAIN BUSANA DENGAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF BERBASIS STAD (Students Teams Achievement Division ) PADA MATA DIKLAT MENGGAMBAR BUSANA DI SMK NEGERI 4 YOGYAKARTA. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
Latifa Nur Rahmawati 06513241021.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK PENINGKATAN KREATIVITAS MENCIPTA DESAIN BUSANA DENGAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF BERBASIS STAD (Students Teams Achievement Division ) PADA MATA DIKLAT MENGGAMBAR BUSANA DI SMK NEGERI 4 YOGYAKARTA Oleh: Latifa Nur Rahmawati NIM. 06513241021 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) penerapan pendekatan pembelajaran kooperatif berbasis STAD (Student Teams Achievement Division) pada mata pelajaran desain busana, 2) peningkatan kreativitas mencipta desain busana dalam mata pelajaran desain busana dengan pendekatan kooperatif berbasis STAD (Student Teams Achievement Division). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc. Taggart. Subyek penelitian siswa kelas II busana 3 SMK N 4 Yogyakarta yang berjumlah 35 siswa. Pelaksanaan penelitian ini pada bulan Oktober-Desember 2010, terdiri dari dua siklus, dengan tahapan: “Perencanaan-Tindakan-Observasi-Refleksi”. Tindakan dilakukan kolaborasi oleh guru pengampu dan peneliti yang bertugas mengamati dan mencatat setiap perkembangan yang ada. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi dan metode penilaian tugas. Pengujian instrumen melalui uji validitas konstruk yaitu dengan meminta pertimbangan dari para ahli (judgment expert) dan uji reliabilitas hasil ratings dengan reliabilitas rata-rata rating dari ketiga orang rater rxx=0.924, sedangkan estimasi rata-rata reliabilitas bagi seorang rater rxx=0.803. Analisis data dilakukan dengan mengukur kreativitas hasil gambar siswa secara deskriptif yang bersifat eksplanatorik analitik, yaitu dengan menyajikan dalam bentuk tabel dan prosentase yang selanjutnya dideskripsikan dan diambil kesimpulan berdasarkan kriteria nilai yang telah ditentukan. Hasil penelitian menunjukkan penerapan pembelajaran kooperatif berbasis STAD dimulai dengan perencanaan,yaitu:1) mengidentifikasi masalah, 2) mencari penyebab masalah, 3) memilih masalah yang ada, dan 4) merancang tindakan untuk meningkatkan kreativitas mencipta desain. Selanjutnya tahap tindakan dan observasi dilaksanakan sesuai rancangan tindakan, yaitu melaksanakan sistem pembelajaran STAD dengan menyusun langkah-langkah pembelajaran dalam siklus-siklus, setiap siklus terdapat 3 pertemuan dengan menerapkan lima komponen pembelajaran STAD, yaitu: a) penyajian kelas; b) belajar kelompok; c) kuis; d) penghargaan kelompok; e) menyusun kriteria penilaian sebagai pedoman observasi dalam pembelajaran, sedangkan tahap refleksi, dilakukan pengamatan dan perbaikan pembelajaran STAD pada siklus sebelumnya, sehingga pembelajaran STAD pada siklus berikutnya akan berjalan lebih baik. Dalam pelaksanaan STAD terlihat siswa dapat beradaptasi dan menyenangi sistem STAD serta adanya peningkatan nilai rata-rata kreativitas setelah diberi tindakan siklus I sebesar 5.19% dari 73.2 menjadi 77.0, setelah tindakan siklus II meningkat 8.31% dari 77.0 menjadi 83.4. Uraian diatas menunjukan bahwa pembelajaran kooperatif berbasis STAD dapat diterapkan pada mata diklat menggambar busana dan dapat meningkatkan kreativitas mencipta desain siswa dengan nilai rata-rata tertinggi pada keterampilan hasil berpikir lancar sedangkan peningkatan terendah pada keterampilan hasil berpikir orisinil. Kata Kunci : Kreativitas, Desain busana, Pembelajaran Kooperatif STAD

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 15 Jun 2015 02:35
Last Modified: 29 Jan 2019 23:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20533

Actions (login required)

View Item View Item