PENINGKATAN KOMPETENSI SISWA PADA PEMBELAJARAN MEMBUAT POLA LENGAN MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING BERBANTUAN MEDIA JOBSHEET DI SMK KARYA RINI SLEMAN

Laila, Nurul Himmah (2015) PENINGKATAN KOMPETENSI SISWA PADA PEMBELAJARAN MEMBUAT POLA LENGAN MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING BERBANTUAN MEDIA JOBSHEET DI SMK KARYA RINI SLEMAN. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
Laila Nurul Himmah 07513241035.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK PENINGKATAN KOMPETENSI SISWA PADA PEMBELAJARAN MEMBUAT POLA LENGAN MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING BERBANTUAN MEDIA JOBSHEET DI SMK KARYA RINI SLEMAN Laila Nurul Himmah NIM. 07513241035 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) pelaksanaan pembelajaran membuat pola lengan menggunakan model cooperative learning tipe jigsaw berbantuan media jobsheet yang efektif dan efisien di SMK Karya Rini Sleman, 2) besarnya peningkatan kompetensi siswa yang terjadi pada pembelajaran membuat pola lengan melalui penerapan model cooperative learning tipe jigsaw berbantuan media jobsheet di SMK Karya Rini Sleman. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas secara kolaboratif dengan desain penelitian model Kemmis dan McTaggart yang dilaksanakan sesuai dengan prosedur penelitian sebagai berikut: Perencanaan-Tindakan-Observasi-Refleksi. Penelitian dilaksanakan di SMK Karya Rini Sleman dengan subjek penelitian adalah 32 siswa pada kelas XI Busana Butik. Metode pengumpulan data menggunakan lembar penilaian sikap, lembar unjuk kerja dan soal post test. Uji validitas berdasarkan pendapat dari para ahli (judgment expert), seperti ahli model pembelajaran, ahli materi dan guru mata diklat membuat pola. Hasil validasi menunjukkan bahwa model dan media yang digunakan sudah layak dan instrumen dinyatakan sudah valid. Uji reliabilitas menggunakan rumus alpha cronbach’s dengan nilai 0.730 untuk lembar penilaian sikap, 0.712 untuk penilaian unjuk kerja dan 0.711 untuk tes uraian. Teknik analisis data yang digunakan dalam adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian meliputi tahap perencanaan yang dilakukan oleh peneliti berkolaborasi dengan guru, tahap tindakan guru melakukan pembelajaran membuat pola lengan menggunakan model cooperative learning tipe jigsaw berbantuan media jobsheet, dan pengamatan dilakukan terhadap proses pembelajaran dan kompetensi siswa, selanjutnya tahap refleksi yakni dilakukan perbaikan untuk tindakan pada siklus berikutnya, sehingga pembelajaran membuat pola akan berjalan lebih baik. Peningkatan pencapaian kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu sebelum dikenai tindakan pada pra siklus hanya 53.1% atau 17 siswa yang sudah memenuhi KKM, setelah dikenai tindakan pada siklus pertama pencapaian kompetensi siswa meningkat menjadi 81.25% atau 26 siswa yang sudah memenuhi KKM, dan setelah tindakan pada siklus kedua pencapaian kompetensi siswa 100% atau seluruh siswa sudah memenuhi KKM. Dalam pembelajaran membuat pola lengan menggunakan model cooperative learning tipe jigsaw berbantuan media jobsheet dapat membantu siswa memahami materi serta adanya peningkatan kompetensi membuat pola lengan yang dibuktikan dengan tidak adanya siswa yang memperoleh nilai <70. Uraian diatas menunjukkan bahwa penerapan model cooperative learning tipe jigsaw berbantuan media jobsheet dapat meningkatkan kompetensi siswa dalam pembelajaran membuat pola. Kata Kunci : kompetensi, membuat pola lengan, cooperative learning

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 15 Jun 2015 02:29
Last Modified: 29 Jan 2019 23:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20530

Actions (login required)

View Item View Item