PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS GAME SEBAGAI PENDUKUNG MATA PELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) MATERI OPERASI DASAR KOMPUTER MENGGUNAKAN ADOBE FLASH

Nike Dwi, Noviani (2015) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS GAME SEBAGAI PENDUKUNG MATA PELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) MATERI OPERASI DASAR KOMPUTER MENGGUNAKAN ADOBE FLASH. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Tugas Akhir Skripsi - Naskah PDF.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS GAME SEBAGAI PENDUKUNG MATA PELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) MATERI OPERASI DASAR KOMPUTER MENGGUNAKAN ADOBE FLASH Oleh Nike Dwi Noviani NIM. 08520244050 ABSTRAK Penelitian ini memiliki tujuan untuk (1) Membuat game sebagai media pembelajaran TIK menggunakan Adobe Flash, dan (2) Menguji tingkat kelayakan media pembelajaran berbasis game Mata Pelajaran TIK Materi Operasi Dasar Komputer yang dibuat menggunakan software Adobe Flash CS3. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang menggunakan tahapan penelitian (1) Analisis Kebutuhan, (2) Desain, (3) Implementasi, (4) Validasi Desain , (5) Revisi Desain, (6) Ujicoba Produk, (7) Revisi Produk, dan (8) Produk Akhir. Objek penelitian berupa Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Game Sebagai Pendukung Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Materi Operasi Dasar Komputer Menggunakan Adobe Flash. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MAN Yogyakarta II sebanyak 50 siswa. Pengujian penelitian menggunakan ahli media dan ahli materi serta siswa kelas X MAN Yogyakarta II sebagai responden. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Perolehan data diolah dengan analisis deskriptif untuk mengetahui tingkat kelayakan game ini. Hasil analisis data menunjukkan tingkat kelayakan oleh ahli media sebesar 80,95% yang termasuk kategori sangat layak, ahli materi sebesar 78% yang dikategorikan sangat layak dan siswa sebagai pengguna sebesar 75,14% yang dikategorikan sangat layak. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Game Sebagai Pendukung Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Materi Operasi Dasar Komputer Menggunakan Adobe Flash sudah sangat layak sebagai media pembelajaran. Kata kunci : media pembelajaran, game, TIK kelas X.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Rekayasa Teknologi
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Elektronika dan Informatika > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Tarto Perpustakaan Fakultas Teknik
Date Deposited: 15 Jun 2015 01:34
Last Modified: 29 Jan 2019 23:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20518

Actions (login required)

View Item View Item