Harianto, Didin (2013) MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DENGAN PENERAPAN METODE KARTU-KARTU PERTANYAAN DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS XD SMA NEGERI 2 WATES TAHUN AJARAN 2012/2013. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.
Other (FIS Digital)
1. HALAMAN DEPAN Sej 09406244001 Didin Harianto.swf - Published Version Download (1MB) |
|
Other (FIS Digital)
2. ABSTRAK Sej 09406244001 Didin Harianto.swf - Published Version Download (33kB) |
|
Other (FIS Digital)
3. BAB I Sej 09406244001 Didin Harianto.swf - Published Version Download (62kB) |
|
Other (FIS Digital)
4. BAB II Sej 09406244001 Didin Harianto.swf - Published Version Download (117kB) |
|
Other (FIS Digital)
5. BAB III Sej 09406244001 Didin Harianto.swf - Published Version Download (179kB) |
|
Other (FIS Digital)
6. BAB IV Sej 09406244001 Didin Harianto.swf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (187kB) |
|
Other (FIS Digital)
7. BAB V Sej 09406244001 Didin Harianto.swf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (87kB) |
|
Other (FIS Digital)
8. Lampiran Sej 09406244001 Didin Harianto.swf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya prestasi belajar siswa karena metode yang di terapkan monoton dan membosankan. Proses pembelajaran akan berjalan dengan baik jika diikuti dengan penerapan metode yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan metode Kartu-Kartu Pertanyaan, peningkatan prestasi belajar sejarah, untuk mengetahui kendala, serta kelebihan dari penerapan metode Kartu-Kartu Pertanyaan di SMA Negeri 2 Wates kelas XD. Penelitian ini termasuk dalam penelitian tindakan kelas, dengan tahapantahapan perencanaan (plan), pelaksanaan (act), pengamatan (observasi), dan refleksi yang terjadi dari 2 siklus. Sumber data dalam penelitian ini berasal dari kepala sekolah, guru dan siswa kelas XD. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah observasi, wawancara, tes hasil belajar, dan dokumen. Validitas data yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi sumber dan metode. Analisis data menggunakan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa penerapan metode Kartu-Kartu Pertanyaan dalam pembelajaran sejarah dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Hal ini di buktikan pada siklus I nilai rata-rata siswa pada tes awal (pre test) sebelum tindakan 28,13 dan tes akhir (post test) setelah tindakan 87,87 atau mengalami peningkatan sebesar 59,74. Siklus II nilai rata-rata tes awal (pre test) sebelum tindakan 29,29 dan tes akhir (post test) setelah tindakan 90,06 atau mengalami peningkatan sebesar 60,77. Kendala yang di hadapi dalam penelitian adalah waktu yang kurang untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang berada pada kartu, siswa belum pernah belajar dengan metode Kartu-Kartu Pertanyaan sebelunya, dan siswa yang suka ramai pada saat pembelajaran pada siklus I. Kelebihan dari metode Kartu-Kartu Pertanyaan adalah siswa diberikan kebebasan dalam belajar, guru bukan lagi sebagai subyek tetapi sebagai fasilitator yang bertugas membimbing, dan guru juga bisa mengetahui kondisi siswa dalam pembelajaran. Kata Kunci: Prestasi Belajar, Kartu-Kartu Pertanyaan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Umum > Penelitian Ilmu Sosial > Sejarah |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Admin Pendidikan Sejarah FIS |
Date Deposited: | 15 Jun 2015 01:42 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 23:31 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20513 |
Actions (login required)
View Item |