IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN THE LEARNING CELL (SEL BELAJAR) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS MATERI SEJARAH KELAS X JURUSAN AKUNTANSI 2 DI SMK KRISTEN “PENABUR” PURWOREJO TAHUN AJARAN 2012/2013

Simorangkir, Maya (2012) IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN THE LEARNING CELL (SEL BELAJAR) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS MATERI SEJARAH KELAS X JURUSAN AKUNTANSI 2 DI SMK KRISTEN “PENABUR” PURWOREJO TAHUN AJARAN 2012/2013. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img] Other (FIS Digital)
Sej 09406249006 Maya Simorangkir Halaman Depan.swf - Published Version

Download (864kB)
[img] Other (FIS Digital)
Sej 09406249006 Maya Simorangkir ABSTRAK_docx.swf - Published Version

Download (67kB)
[img] Other (FIS Digital)
Sej 09406249006 Maya Simorangkir BAB I_docx.swf - Published Version

Download (121kB)
[img] Other (FIS Digital)
Sej 09406249006 Maya Simorangkir BAB II_docx.swf - Published Version

Download (209kB)
[img] Other (FIS Digital)
Sej 09406249006 Maya Simorangkir BAB III_docx.swf - Published Version

Download (362kB)
[img] Other (FIS Digital)
Sej 09406249006 Maya Simorangkir BAB IV_docx.swf - Accepted Version

Download (482kB)
[img] Other (FIS Digital)
Sej 09406249006 Maya Simorangkir BAB V_docx.swf - Accepted Version

Download (145kB)
[img] Other (FIS Digital)
Sej 09406249006 Maya Simorangkir LEMBAR LAMPIRAN_docx.swf - Accepted Version

Download (3MB)

Abstract

Pada umumnya siswa menganggap pelajaran IPS materi sejarah lebih kepada mata pelajaran yang sifatnya membosankan, monoton, dan searah. Dalam proses pembelajaran juga peran guru lebih dominan sementara peran siswa kurang. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi siswa melalui implementasi metode pembelajaran The Learning Cell (Sel Belajar) pada siswa kelas X jurusan Akuntansi 2 di SMK Kristen “Penabur” Purworejo tahun ajaran 2012/2013. Bentuk dari penelitian yang dilaksanakan merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) secara umum bertujuan untuk memperbaiki mutu praktik pembelajaran dikelas. Adapun sumber data yang digunakan penulis dalam penelitian ini, yaitu guru dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan, yaitu Non Test (observasi, wawancara dan dokumentasi) dan Test (Pre-Test dan Post-Test). Teknik analisis yang digunakan penulis adalah teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Pada pelaksanaan pembelajaran IPS materi sejarah dengan mengimplementasikan metode pembelajaran The Learning Cell (Sel Belajar) yang prosesnya meliputi 2 siklus. Siklus I dengan mengimplementasikan metode Pembelajaran The Learning Cell (Sel Belajar) dan berlangsung melalui empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi memperoleh nilai rata-rata 78,18. Siklus II dengan tahapan yang sama memperoleh nilai rata-rata 80,91. Beberapa hambatan dalam implementasi metode The Learning Cell (Sel Belajar) adalah sulit membuat daftar pertanyaan, waktu singkat, guru tidak mengetahui apakah siswa yang tidak terlibat memahami materi atau tidak. Kelebihan dengan mengimplementasikan metode The Learning Cell (Sel Belajar) ini adalah kegiatan menjadi lebih aktif, siswa dapat kesempatan untuk belajar secara berkelompok maupun individu, guru dapat mengetahui pemahaman siswa terhadap materi yang disampaikan. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa dengan mengimplementasikan metode pembelajaran The Learning Cell (Sel Belajar) dapat meningkatkan prestasi belajar IPS materi sejarah di SMK Kristen “Penabur” Purworejo. Kata kunci: Metode Pembelajaran The Learning Cell (Sel Belajar), Prestasi, dan Pembelajaran Sejarah.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Sejarah
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Admin Pendidikan Sejarah FIS
Date Deposited: 12 Jun 2015 06:34
Last Modified: 29 Jan 2019 23:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20496

Actions (login required)

View Item View Item