IMPLEMENTASI METODE POKER UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI IPS 1 SMAN 1 PRAMBANAN KLATEN TAHUN AJARAN 2012/2013.

., ASTUTI (2013) IMPLEMENTASI METODE POKER UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI IPS 1 SMAN 1 PRAMBANAN KLATEN TAHUN AJARAN 2012/2013. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img] Other (FIS Digital)
SKRIPSI FULL Sej 09406249011 ASTUTI.swf - Accepted Version

Download (13MB)
Official URL: http://library.fis.uny.ac.id/

Abstract

Prestasi belajar sejarah siswa kelas XI IPS 1 SMA N 1 Prambanan Klaten paling rendah di kelas XI IPS SMA N 1 Prambanan Klaten, sehingga perlu ditingkatkan. Tujuan penelitian ini: untuk mengetahui bagaimana meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XI IPS 1 SMA N 1 Prambanan Klaten melalui penerapan metode poker. Penelitian ini adalah penelitian CAR (Classroom Action Research) dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Setiap siklus mencakup kegiatan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Sumber data dalam penelitian ini berasal dari guru dan siswa. Proses pengambilan data dalam penelitian melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan tes prestasi belajar. Validitas data yang digunakan dalam penelitian ini dengan triangulasi terdiri dari triangulasi sumber data dan metode. Analisis data menggunakan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan implementasi metode poker yang dipadukan dengan penggunaan hand-out, pemberian hadiah dan pujian dalam pembelajaran sejarah dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XI IPS 1 SMA N 1 Prambanan Klaten. Hal ini dapat dibuktikan dari adanya peningkatan rata-rata yang terjadi pada setiap siklusnya. Pada siklus I, rata-rata prestasi siswa meningkat dari 59.69 menjadi 66.72. Pada siklus II, rata-rata prestasi siswa meningkat dari 57.97 menjadi 67.44. Pada siklus III, rata-rata prestasi siswa meningkat dari 68.09 menjadi 78.09. Rata-rata prestasi belajar siswa tertinggi terjadi pada siklus III karena siswa sudah paham dengan langkah-langkah metode poker dan juga adanya hand-out, pemberian hadiah serta pujian. Kendala-kendala yang dihadapi selama penelitian ini adalah waktu pembelajaran yang kurang, pembuatan kartu poker dan kondisi kelas yang ramai saat penerapan metode poker. Kelebihannya adalah pembelajaran menjadi menarik, siswa menjadi aktif dan bersemangat serta prestasi belajar meningkat. Kata kunci: Metode poker, pembelajaran sejarah, prestasi belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Sejarah
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Admin Pendidikan Sejarah FIS
Date Deposited: 12 Jun 2015 06:27
Last Modified: 26 Oct 2015 07:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20494

Actions (login required)

View Item View Item