IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN TEAM QUIZ (KUIS KELOMPOK) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI IPS 4 SMAN 1 SEWON TAHUN AJARAN 2012/2013

Wita, Stevania (2013) IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN TEAM QUIZ (KUIS KELOMPOK) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI IPS 4 SMAN 1 SEWON TAHUN AJARAN 2012/2013. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img] Other (FIS Digital)
Halaman Depan Sej 09406249010 Stevania Wita.swf - Published Version

Download (374kB)
[img] Other (FIS Digital)
ABSTRAK Sej 09406249010 Stevania Wita.swf - Published Version

Download (43kB)
[img] Other (FIS Digital)
BAB I Sej 09406249010 Stevania Wita.swf - Published Version

Download (60kB)
[img] Other (FIS Digital)
BAB II Sej 09406249010 Stevania Wita.swf - Published Version

Download (138kB)
[img] Other (FIS Digital)
BAB III Sej 09406249010 Stevania Wita.swf - Published Version

Download (373kB)
[img] Other (FIS Digital)
BAB IV Sej 09406249010 Stevania Wita.swf - Accepted Version

Download (312kB)
[img] Other (FIS Digital)
BAB V Sej 09406249010 Stevania Wita.swf - Accepted Version

Download (106kB)
[img] Other (FIS Digital)
Lampiran Sej 09406249010 Stevania Wita.swf - Accepted Version

Download (1MB)

Abstract

Pembelajaran sejarah yang cenderung bertumpu pada aktivitas guru dan menggunakan metode yang konvensional menjadikan pembelajaran tidak menarik dan membosankan sehingga prestasi belajar siswa rendah, mengatasi hal tersebut diperlukan metode pembelajaran yang dapat menjadikan siswa terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran. Salah satu cara untuk menjadikan siswa aktif dalam pembelajaran sejarah adalah menerapkan metode pembelajaran Team Quiz. Tujuan Penelitian ini: (1) mengetahui bagaimana meningkatkan prestasi belajar siswa dengan penerapan metode pembelajaran Team Quiz, (2) mengetahui kelebihan dan kelemahan yang dihadapi dalam penerapan metode pembelajaran Team Quiz, (3) mengetahui kendala yang dihadapi dalam penerapan metode pembelajaran Team Quiz. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classrom Action Research) dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang terjadi 2 siklus, setiap siklus mencakup kegiatan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Proses pengambilan data dalam penelitian ini dilakukan melalui observasi dan wawancara serta test prestasi belajar yaitu pre-test dan post-test. Validitas data yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi teknik dan triangulasi sumber serta validitas konstrak sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Metode pembelajaran Team Quiz yang dipadukan dengan media peta konsep dan permainan kuis cepat-tepat dapat meningkatkan prestasi belajar sejarah siswa. Hasil pre-test pada siklus I sebesar 46,25 sedangkan hasil post-test sebesar 80,33 hal ini menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa pada siklus I telah mencapai kkm. Hasil pre-test pada siklus II sebesar 55,75 sedangkan hasil post-test sebesar 87,74 hal ini menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa pada siklus II meningkat lebih signifikan. (2) kelebihan dalam penerapan metode Team Quiz adalah pembelajaran sejarah menjadi menyenangkan, siswa lebih aktif, antusias serta termotivasi untuk belajar, mempermudah siswa memahami materi pelajaran, melatih siswa berbicara dan mengemukakan pendapatnya, serta prestasi belajar siswa meningkat. Kelemahan penerapan metode Team Quiz adalah kurang tepat diterapkan pada kelas yang jumlah siswanya banyak, dari segi waktu guru harus dapat membagi waktu dengan baik agar tidak terlalu memakan waktu. (3) Kendala yang dihadapi dalam penelitian ini adalah siswa tidak tepat waktu untuk masuk mengikuti pelajaran, tahap awal pembelajaran dengan menggunakan metode Team Quiz siswa belum terlalu paham mengenai langkah-langkah metode Team Quiz, dan keaktifan siswa yang tidak terkontrol menjadikan suasana kelas kurang kondusif. Kata Kunci: Metode Pembelajaran Team Quiz, Prestasi Belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Sejarah
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Admin Pendidikan Sejarah FIS
Date Deposited: 12 Jun 2015 06:08
Last Modified: 29 Jan 2019 23:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20480

Actions (login required)

View Item View Item