Karim, Hidayat Sholihin (2015) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN POWERPOINT PADA MATA DIKLAT TEKNIK BUBUT DI SMK N II PENGASIH. S1 thesis, U N Y.
|
Text
Karim Hidayat Sholihin 05503244003.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN POWERPOINT PADA MATA DIKLAT TEKNIK BUBUT DI SMK N II PENGASIHKarim Hidayat Sholihin NIM : 05503244003 ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui tahapan proses pengembangan media pembelajaran dengan PowerPoint untuk mata diklat Teknik Bubut, mengetahui kelayakan media pembelajaran dengan PowerPoint pada pembelajaran Teknik Bubut, dan mengetahui keefektifan media pembelajaran dengan PowerPoint tersebut dalam pembelajaran Teknik Bubut. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian pengembangan (Research and Development) yang dilakukan di jurusan Teknik Pemesinan SMK Negeri II Pengasih Kulon Progo, dalam waktu enam bulan, mulai dari bulan Februari 2010 sampai dengan bulan Agustus 2010. Obyek penelitian ini berupa pengembangan media pembelajaran dengan PowerPoint pada mata diklat Teknik Bubut. Pengumpulan data dilakukan menggunakan angket dan soal evaluasi, sedangkan metode yang digunakan untuk menguji coba media pembelajaran ini menggunakan metode eksperimen. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis deskriptif kuantitatif yang diungkapkan dalam distribusi skor dan persentase terhadap kategori skala penilaian yang telah ditentukan Hasil penelitian ini adalah media pembelajaran dengan PowerPoint yang dikemas dalam sebuah CD (compact disc), sedangkan tahapan rancangan pengembangan media yang dilakukan yaitu (1) identifikasi masalah dan potensi, (2) alternatif solusi, (3) rancangan produk, meliputi rancangan pengembangan materi dan perangkat lunak, (4) produk awal, (5) uji ahli, (6) revisi I, (7) uji terbatas, (8) revisi II, (9) uji luas, (10) uji coba penerapan, dan (11) produk akhir. Uji kelayakan terhadap media pembelajaran yang dikembangkan menurut ahli media pembelajaran memperoleh persentase total sebesar 91,07%, ahli materi memperoleh persentase total sebesar 90,62%, penilaian guru mata diklat memperoleh persentase total 76,09%, hasil uji terbatas memperoleh persentase total sebesar 83,05% dan uji luas memperoleh persentase total sebesar 84,56%. Media pembelajaran dengan PowerPoint ini telah teruji keefektifannya untuk meningkatkan prestasi belajar siswa sebesar 47,08%. Dari hasil uji di atas dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran dengan PowerPoint yang dikembangkan layak digunakan sebagai pendukung pembelajaran mata diklat Teknik Bubut dan efektif untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Kata kunci : media pembelajaran, PowerPoint, dan Teknik Bubut
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Mesin |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Margiyanti |
Date Deposited: | 12 Jun 2015 03:04 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 23:29 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20424 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |