PENGARUH KEBIJAKAN PENDIDIKAN MELALUI PROGRAM SERTIFIKASI PROFESI GURU TERHADAP KINERJA GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI SMK SE-KECAMATAN BANTUL

Wakhid, Hidayat (2015) PENGARUH KEBIJAKAN PENDIDIKAN MELALUI PROGRAM SERTIFIKASI PROFESI GURU TERHADAP KINERJA GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI SMK SE-KECAMATAN BANTUL. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Wakhid Hidayat 09520244018.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

PENGARUH KEBIJAKAN PENDIDIKAN MELALUI PROGRAM SERTIFIKASI PROFESI GURU TERHADAP KINERJA GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI SMK SE-KECAMATAN BANTUL Oleh : Wakhid Hidayat 09520244018 ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui gambaran tentang kinerja guru yang sudah bersertifikat pendidik dalam proses pembelajaran, mengetahui gambaran kinerja guru yang belum bersertifikat pendidik dalam proses pembelajaran dan mengetahui pengaruh kebijakan pendidikan melalui program sertifikasi profesi guru terhadap kinerja guru dalam proses pembelajaran di SMK Se-Kecamatan Bantul. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dan menggunakan metode penelitian Ex post facto. Sampel dalam penelitian ini adalah guru SMK Se-Kecamatan Bantul yang berjumlah 68 guru. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket. Angket diberikan kepada siswa dan Kepala Sekolah. Dari penilaian siswa dengan Kepala Sekolah ada hubungan yang sangat kuat yang ditunjukkan dengan hasil koefisien korelasi sebesar 0,968. Pengujian pra syarat analisis meliputi : uji normalitas dan uji homogenitas. Teknik analisis data menggunakan uji-t polled varians. Hasil penelitian menunjukkan kinerja guru bersertifikat pendidik dalam proses pembelajaran berkategori Sangat Tinggi 81,4 % dengan jumlah responden 35 dan kategori Tinggi 18,6 % dengan 8 responden. Sedangkan kinerja guru belum bersertifikat pendidik dalam proses pembelajaran yang berkategori Sangat Tinggi 64 % dengan jumlah responden 16 dan kategori Tinggi 36 % dengan 9 responden. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa sertifikasi profesi guru berpengaruh pada kinerja guru dalam proses pembelajaran yang ditunjukkan dengan perbedaan kinerja guru yang sudah bersertifikat pendidik dengan kinerja guru belum bersertifikat pendidik dalam proses pembelajaran. Hal ini ditunjukkankan dari hasil thitung sebesar 3,160 yang dikonsultasikan dengan harga ttabel yang besarnya 1,665 (3,160 > 1,665). Kata Kunci : sertifikasi, kinerja guru

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Rekayasa Teknologi
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Tarto Perpustakaan Fakultas Teknik
Date Deposited: 12 Jun 2015 00:49
Last Modified: 29 Jan 2019 23:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20403

Actions (login required)

View Item View Item