EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN ADOBE FLASH DALAM MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG UNTUK PENCAPAIAN UNJUK KERJA PEMBUATAN POLA DASAR BADAN WANITA DI SMK N 6 YOGYAKARTA

Istia, Alif Fanti (2015) EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN ADOBE FLASH DALAM MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG UNTUK PENCAPAIAN UNJUK KERJA PEMBUATAN POLA DASAR BADAN WANITA DI SMK N 6 YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
ISTIA ALIF FANTI 07513241013.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN ADOBE FLASH DALAM MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG UNTUK PENCAPAIAN UNJUK KERJA PEMBUATAN POLA DASAR BADAN WANITA DI SMK N 6 YOGYAKARTA Oleh Istia Alif Fanti NIM. 07513241013 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) unjuk kerja pembuatan pola dasar badan wanita siswa SMK N 6 Yogyakarta setelah menggunakan media pembelajaran dengan Adobe Flash, 2) efektivitas media pembelajaran pembuatan pola dasar badan wanita dengan Adobe Flash dalam model pembelajaran langsung untuk pencapaian unjuk kerja siswa, 3) pendapat siswa tentang pembelajaran pembuatan pola dasar badan wanita dengan media pembelajaran Adobe Flash dalam model pembelajaran langsung. Metode penelitian ini menggunakan penelitian quasi eksperiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X busana sebanyak 102 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling diperoleh sampel sebanyak 68 siswa, kelas intervensi 34 siswa dan kelas nonintervensi 34 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dengan lembar observasi dan angket. Instrumen penelitiannya yaitu lembar penilaian unjuk kerja pembuatan pola dasar badan wanita dan angket pendapat siswa tentang penggunaan media pembelajaran Adobe Flash. Analisis data dalam penelitian ini dengan uji t (t-test). Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) pencapaian unjuk kerja pembuatan pola dasar badan wanita pada kelas intervensi kategori tuntas 85% siswa, kelas nonintervensi 41% siswa; 2) terdapat efektivitas penggunaan media pembelajaran pembuatan pola dasar badan wanita dengan Adobe Flash dalam model pembelajaran langsung, hal ini ditunjukkan dari hasil rerata penilaian unjuk kerja yang diperoleh yaitu kelas intervensi sebesar 78,29 dan kelas nonintervensi sebesar 67,29, dan hasil perhitungan uji t (t-test) diperoleh thitung 6,727 lebih besar dari ttabel 2,042, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan efektivitas penggunaan media pembelajaran pembuatan pola dasar badan wanita dengan Adobe Flash dalam model pembelajaran langsung pada kelas X busana SMK N 6 Yogyakarta; 3) pendapat siswa tentang penggunaan media pembelajaran pembuatan pola dasar badan wanita dengan Adobe Flash menunjukkan bahwa siswa senang dengan penggunaan media pembelajaran dengan Adobe Flash. Dari aspek materi, secara keseluruhan media tersebut dapat menjelaskan isi materi dengan baik, dari aspek media, kualitas tampilan animasi sudah baik dan menarik. Kata kunci: efektivitas, media pembelajaran Adobe Flash, model pembelajaran langsung

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 11 Jun 2015 07:45
Last Modified: 29 Jan 2019 23:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20397

Actions (login required)

View Item View Item