ANALISA PELAKSANAAN KURIKULUM SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN BERORIENTASI KTSP DI SMK N 2 PENGASIH

Iska, Arif Yulianto (2015) ANALISA PELAKSANAAN KURIKULUM SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN BERORIENTASI KTSP DI SMK N 2 PENGASIH. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Iska Arif Yulianto - 11503247018.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ANALISA PELAKSANAAN KURIKULUM SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN BERORIENTASI KTSP DI SMK N 2 PENGASIH Oleh : Iska Arif Yulianto 11503247018 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) pada pembelajaran produktif kejuruan, mengetahui hambatan-hambatan dalam penerapan KTSP pada pembelajaran produktif kejuruan, mengetahui perbedaan implementasi KTSP di SMK N 2 Pengasih. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X semua program keahlian dengan jumlah sampel 180 siswa dan 78 guru. Metode pengumpulan data menggunakan angket, observasi, dan wawancara. Alat pengumpul data menggunakan angket pelaksanaan kurikulum dan wawancara terstruktur. Pelaksanaan kurikulum KTSP diketahui melalui analisis statistik. Wawancara digunakan untuk mengetahui hambataan-hambatan dalam penerapan KTSP pada pembelajaran produktif kejuruan. Uji validitas instrument penelitian menggunakan validitas isi yang telah disetujui oleh para ahlinya. Uji reliabilitas instrument menggunakan Alpha Cronbach dengan menunjukkan bahwa instrument berstatus andal. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1). Penerapan KTSP pada pembelajaran produktif kejuruan dapat diketahui melalui masing-masing variabel, yaitu kesiapan guru termasuk dalam kategori kurang baik, perencanaan pembelajaran dalam kategori kurang baik, pelaksanaan pembelajaran dalam kategori baik, dan penilaian hasil belajar dalam kategori kurang baik. (2). Tidak ada perbedaan signifikan dalam pelaksanaan kurikulum di SMK N 2 Pengasih dengan taraf signifikansi 5 %. Hal ini didasarkan pada hasil analisis paired sample t test yaitu harga t untuk indikator siswa sebesar 88,538 dan untuk indikator guru sebesar 103,32. (3). Usaha yang dilakukan guru untuk mengatasi hambatan-hambatan dalam penerapan KTSP yaitu dengan menggunakan metode mengajar variatif, guru membuat modul dan menambah refrensi bahan ajar, memperbaiki dan menambah sarana prasarana yang memadai.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 11 Jun 2015 07:37
Last Modified: 29 Jan 2019 23:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20394

Actions (login required)

View Item View Item