PENGARUH IMPLEMENTASI METODE INQUIRY TERHADAP PENCAPAIAN KOMPETENSI PENGAWASAN MUTU BUSANA SISWA KELAS XII DI SMK N 1 PANDAK BANTUL YOGYAKARTA

Nurlita, Indah (2015) PENGARUH IMPLEMENTASI METODE INQUIRY TERHADAP PENCAPAIAN KOMPETENSI PENGAWASAN MUTU BUSANA SISWA KELAS XII DI SMK N 1 PANDAK BANTUL YOGYAKARTA. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
Indah Nurlita 11513249002.pdf

Download (130MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui pencapaian kompetensi pengawasan mutu busana kelas kontrol dan kelas eksperimen sebelum menggunakan metode inquiry, 2) mengetahui pencapaian kompetensi pengawasan mutu busana busana kelas kontrol dan kelas eksperimen setelah menggunakan metode inquiry, 3) mengetahui adakah pengaruh implementasi metode inquiry terhadap pencapaian kompetensi pengawasan mutu busana. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian eksperimen. Pelaksanaannya menggunakan jenis penelitian quasi eksperimen dengan desain nonequivalent pretest and posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII Tata Busana SMK N 1 Pandak, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII TB1 sebagai kelas kontrol (32 siswa) dan siswa kelas XII TB2 (30 siswa) sebagai kelas eksperimen. Pembelajaran dikelas eksperimen menggunakan metode inquiry, sedangkan dalam kegiatan pembelajaran kelas kontrol menggunakan metode konvensional. Pengambilan sampel menggunakan teknik Probability Sampling, berupa simple random sampling. Data diperoleh dari hasil tes yang diberikan kepada siswa berupa soal pretest dan posttest yang diberikan sebelum dan setelah proses pembelajaran. Pengolahan data menggunakan teknik analisis deskriptif untuk mengetahui gambaran data yang diperoleh serta analisis inferensial dengan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan : 1) pencapaian kompetensi pengawasan mutu busana siswa kelas kontrol dan eksperimen sebelum menggunakan metode inquiry masih rendah, yaitu 62 untuk rata-rata kelas eksperimen dan 63,75 untuk rata-rata kelas kontrol dengan KKM 77, 2) Setelah pembelajaran menggunakan metode inquiry, pencapaian kompetensi siswa kelas kontrol dan eksperimen di SMK N 1 Pandak Bantul meningkat, rata-rata kelas eksperimen meningkat menjadi 84,26, meningkat sebesar 22,26 %. Sedangkan kelas kontrol rata-rata kelas menjadi 76, hanya meningkat sebesar 12,25%, 3) terdapat pengaruh yang signifikan antara pencapaian kompetensi pengawasan mutu busana kelas eksperimen dengan kelas kontrol, terbukti setelah dilakukan uji beda dengan uji-t terdapat hasil 2,045 ≤ 4.235, sehingga metode inquiry dapat mempengaruhi pencapaian kompetensi pengawasan mutu busana siswa kelas XII di SMK N 1 Pandak Bantul Yogyakarta

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Metode Inquiry, Pengawasan Mutu Busana, SMK N 1 Pandak
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 11 Jun 2015 07:04
Last Modified: 04 Mar 2019 06:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20382

Actions (login required)

View Item View Item