MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH MELALUI IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN SQ3R (SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, REVIEW) KELAS XI IPS 2 SMA KOLOMBO YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2012/2013

Yunianto, Taufik Hidayat Eko (2013) MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH MELALUI IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN SQ3R (SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, REVIEW) KELAS XI IPS 2 SMA KOLOMBO YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2012/2013. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img] Other (FIS Digital)
Skripsi Full Sej 09406244018 Taufik Hidayat Eko Yunianto.swf - Accepted Version

Download (9MB)

Abstract

Pembelajaran sejarah yang hanya berpusat pada guru dan bersifat satu arah sangat berpengaruh terhadap rendahnya minat belajar siswa, sehingga perlu dilakukan perubahan pembelajaran. Tujuan yang mendasari penelitian ini adalah mengetahui bagaimana penerapan metode SQ3R dalam pembelajaran sejarah untuk meningkatkan minat belajar siswa di kelas XI IPS 2 SMA Kolombo Yogyakarta. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang terdiri dari tiga siklus. Setiap siklus mencakup kegiatan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara dan angket minat belajar. Validitas yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik triangulasi sumber dan metode. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Pelaksanaan metode SQ3R diawali dengan membagi siswa menjadi beberapa kelompok, membagikan bacaan, siswa melakukan survei bacaan, membuat pertanyaan, bertukar pertanyaan, membaca kembali untuk mencari jawaban, mempertimbangkan bacaan, diakhiri dengan pembacaan kesimpulan atau peninjauan secara menyeluruh. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi metode pembelajaran SQ3R yang kemudian dikolaborasikan dengan Theme Card, Question Envelope serta Reward and Punishment dapat meningkatkan minat belajar sejarah siswa. Pada siklus I minat siswa mengalami peningkatan dari 58,20% menjadi 61,60% atau mengalami peningkatan sebesar 3,40%. Pada siklus II minat siswa mengalami peningkatan dari 62,10% menjadi 66,25% atau mengalami peningkatan sebanyak 4,15%. Pada siklus III minat siswa mengalami peningkatan dari 68,95% menjadi 73,45% atau mengalami peningkatan sebanyak 4,50%. Kekurangan yang dihadapi yaitu kondisi kelas masih sedikit ramai dan membutuhkan waktu banyak dalam penerapan metode SQ3R. Kelebihan penerapan metode SQ3R yaitu siswa sangat berperan aktif dan mau berpartisipasi dalam pembelajaran, serta bertanggung jawab atas penugasan-penugasan yang ada. Kata Kunci: Metode, Pembelajaran, SQ3R, Minat, Belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Sejarah
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Admin Pendidikan Sejarah FIS
Date Deposited: 11 Jun 2015 03:25
Last Modified: 29 Jan 2019 23:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20360

Actions (login required)

View Item View Item