PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN SISTEM KONTROL ELEKTROPNEUMATIK UNTUK SISWA PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK OTOMASI INDUSTRI SMK NEGERI 2 DEPOK

Hirlan, Tusep Partana (2015) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN SISTEM KONTROL ELEKTROPNEUMATIK UNTUK SISWA PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK OTOMASI INDUSTRI SMK NEGERI 2 DEPOK. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
Hirlan Tusep 10501241019.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN SISTEM KONTROL ELEKTROPNEUMATIK UNTUK SISWA PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK OTOMASI INDUSTRI SMK NEGERI 2 DEPOK Oleh : Hirlan Tusep Partana NIM. 10501241019 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendapatkan model multimedia pembelajaran interaktif sistem kendali pneumatik yang tepat pada mata pelajaran sistem kontrol elektropneumatik, (2) mengetahui kelayakan multimedia pembelajaran interaktif sistem kendali pneumatik, (3) mengetahui respon penilaian siswa terhadap multimedia pembelajaran interaktif sistem kendali pneumatik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (research and development). Model pengembangan produk mengadaptasi model pengembangan multimedia ADDIE yang terdiri atas: (1) analisis (analysis), (2) perancangan (design), (3) pengembangan dan implementasi (development and implementation), dan (4) evaluasi (evaluation). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan angket. Tahap pengujian kelayakan produk dilakukan oleh 2 ahli media dan 2 ahli materi. Evaluasi produk dibagi ke dalam uji coba kelompok kecil yang melibatkan 6 siswa dan uji coba lapangan yang melibatkan 29 siswa kelas XI Program Keahlian Teknik Otomasi Industri. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data deskriptif. Hasil penelitian ini adalah: (1) model multimedia pembelajaran interaktif sistem kendali pneumatik yang tepat pada mata pelajaran sistem kontrol elektropneumatik meliputi unsur materi pokok bahasan sistem kendali pneumatik, latihan soal evaluasi untuk mengukur tingkat pemahaman pengguna, objek multimedia yang mendukung penyajian materi, tata letak (layout) yang konsisten, tampilan visual yang menarik, komposisi warna yang serasi, dan kemudahan pengoperasian program; (2) kelayakan multimedia pembelajaran interaktif sistem kendali pneumatik, berdasarkan penilaian ahli media diperoleh skor 69,17 atau dalam kategori “layak”, dan penilaian ahli materi diperoleh skor 78,13 atau dalam kategori “sangat layak”; (3) dari respon penilaian siswa terhadap multimedia pembelajaran interaktif sistem kendali pneumatik diketahui bahwa 67% siswa pada uji coba kelompok kecil menyatakan produk dalam kategori “sangat baik”, dan 52% siswa pada uji coba lapangan menyatakan produk dalam kategori “baik”. Kata Kunci: Multimedia pembelajaran interaktif, otomasi industri, sistem kendali pneumatik

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 11 Jun 2015 01:41
Last Modified: 29 Jan 2019 23:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20349

Actions (login required)

View Item View Item