PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DASAR TEKNOLOGI MENJAHIT KELAS UNGGULAN SISWA KELAS X JURUSAN BUSANA BUTIK SMK N 1 SEWON

Ariyani, Hestika (2015) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DASAR TEKNOLOGI MENJAHIT KELAS UNGGULAN SISWA KELAS X JURUSAN BUSANA BUTIK SMK N 1 SEWON. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
HESTIKA ARIYANI-10513241041.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) mengetahui pelaksanaan pembelajaran dasar teknologi menjahit di kelas unggulan siswa kelas X Jurusan Busana Butik SMK N I Sewon ditinjau dari input, proses, dan output (2) mengetahui pendapat siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran dasar teknologi menjahit di kelas unggulan siswa kelas X Jurusan Busana Butik SMK N I Sewon. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan survey. Populasi penelitian ini merupakan siswa kelas unggulan jurusan busana butik SMK N 1 Sewon sebanyak 30 orang. Teknik penentuan sampel menggunakan sampel jenuh. Data dikumpulkan menggunakan lembar observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian adalah: (1) Pelaksanaan pembelajaran dasar teknologi menjahit di kelas unggulan siswa kelas X Jurusan Busana Butik SMK N I Sewon ditinjau dari Input siswa ditentukan dengan melihat nilai UN rata-rata minimal 8. Guru ditentukan berdasarkan kriteria guru yang masa kerjanya ±15 tahun, mempunyai sertifikat kompetensi, guru yang aktif, menguasai materi, bersedia over time. Fasilitas menggunakan mesin high speed, mesin obras, mesin press, dan mesin lubang kancing. Output menghasilkan hasil praktek siswa yang layak jual merupakan pesanan customer (2) Proses terdiri dari: Tujuan pembelajaran dasar teknologi menjahit yaitu siswa mampu menguasai teknik dasar menjahit dan mengaplikasikannya pada jenjang selanjutnya. Materi pembelajaran kelas unggulan maupun reguler berdasarkan silabus dan kurikulum 2013. Media pembelajaran yang digunakan menggunakan variasi media visual. Metode pembelajaran yang digunakan metode ceramah, metode demonstrasi, metode diskusi kelompok, dan metode pemberian tugas. Evaluasi pembelajaran menggunakan evaluasi formatif pada setiap kompetensinya. Penilaian yang digunakan menggunakan Penilaian Acuan Patokan (PAP). Tindak lanjut dari evaluasi ini adalah remidi dan pengayaan. (2) Pendapat siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran dasar teknologi menjahit dinyatakan sangat baik dengan presentase 100%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pelaksanaan pembelajaran, dasar teknologi menjahit, kelas unggulan
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 11 Jun 2015 01:38
Last Modified: 04 Mar 2019 06:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20348

Actions (login required)

View Item View Item