EVALUASI PENERAPAN SISTEM MANAJEMEN MUTU BERSTANDAR ISO 9001:2008 DENGAN MODEL COUNTENANCE STAKE DAN TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN DI SMK KABUPATEN KEBUMEN

Hendri, Kus Fendi (2015) EVALUASI PENERAPAN SISTEM MANAJEMEN MUTU BERSTANDAR ISO 9001:2008 DENGAN MODEL COUNTENANCE STAKE DAN TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN DI SMK KABUPATEN KEBUMEN. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
Hendri Kus Fendi 10501244023.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

EVALUASI PENERAPAN SISTEM MANAJEMEN MUTU BERSTANDAR ISO 9001:2008 DENGAN MODEL COUNTENANCE STAKE DAN TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN DI SMK KABUPATEN KEBUMEN Oleh: Hendri Kus Fendi NIM 10501244023 ABSTRAK Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) penerapan sistem manajemen mutu berstandar ISO 9001:2008 dengan model countenance stake, (2) mengetahui tingkat kepuasan pelanggan di SMK Kabupaten Kebumen, (3) faktor-faktor pendukung dalam penerapan sistem manajemen mutu berstandar ISO 9001:2008 di SMK Kabupaten Kebumen, (4) faktor-faktor yang menghambat dalam penerapan sistem manajemen mutu berstandar ISO 9001:2008 di SMK Kabupaten Kebumen, dan (5) upaya-upaya untuk mengatasi hambatan dalam penerapan sistem manajemen mutu berstandar ISO 9001:2008 di SMK Kabupaten Kebumen. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan menggunkan model countenance stake yang telah dimodifikasi sehingga terdiri dalam tiga aspek yaitu antecedents, transactions dan outputs. Informan dalam penelitian ini yaitu: quality management representative, wakil kepala sekolah bagian kurikulum, dan kepala program keahlian, sedangkan responden penelitian ini untuk pelaksana manajemen (QMR, WKS, Guru) sebanyak 36 orang dan siswa sebanyak 57 orang, untuk responden kepuasan pelanggan terdiri dari siswa dan orang tua siswa kelas XII dengan jumlah sampel masing-masing sebanyak 307 orang. Pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, dan dokumentasi. Validitas kontruk instrumen penelitian dengan Expert Judgement dan validitas instrumen angket dilakukan dengan analisis butir. Uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskrptif kuantitatif melalui analisis rata-rata yang dinilai berdasarkan kriteria penilaian disertai analisis deskriptif kualitatif melalui wawancara terhadap informan. Hasil penelitian diketahui bahwa: (1) penerapan sistem manajemen mutu berstandar ISO 9001:2008 dikategorikan tinggi dengan nilai 3,01 dari nilai tertinggi 4,00 dengan masingmasing nilai rata-rata pada evaluasi antecedents sebesar 2,87 dari nilai tertinggi 4,00 yang termasuk kategori tinggi, nilai rata-rata pada evaluasi transactions sebesar 3,12 dari nilai tertinggi 4,00 yang termasuk kategori tinggi, dan nilai rata-rata pada evaluasi outputs sebesar 3,05 dari nilai tertinggi 4,00 yang termasuk kategori tinggi, (2) tingkat kepuasan pelanggan di SMK Kabupaten Kebumen dikategorikan tinggi, dari siswa dengan nilai rata-rata sebesar 3,03 dari nilai tertinggi 4,00 termasuk kategori tinggi dan dari orang tua siswa dengan nilai ratarata sebesar 3,03 dari nilai tertinggi 4,00 termasuk kategori tinggi, (3) faktor-faktor pendukung dalam penerapan sistem manajemen mutu berstandar ISO 9001:2008 di SMK Kabupaten Kebumen adalah pengelolaan sistem manajemen mutu oleh top manajemen, kontrol, koordinasi, evaluasi dan tingkat pelayanan sistem, (4) faktor-faktor yang menghambat dalam penerapan sistem manajemen mutu berstandar ISO 9001:2008 di SMK Kabupaten Kebumen adalah kendala dalam penerapan sistem manajemen terutama dalam hal pemahaman oleh warga sekolah tentang ISO dan minat belajar dalam pembelajaran serta faktor lingkungan keluarga, (5) upaya untuk mengatasi faktor kendala sistem manajemen mutu berstandar ISO 9001:2008 di SMK Kabupaten Kebumen adalah dengan meningkatkan pemahaman ISO terhadap warga sekolah, komunikasi dan motivasi siswa serta mengoptimalkan fungsi guru. Kata kunci: evaluasi, sistem manajemen mutu, standar ISO, dan kepuasan pelanggan

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 11 Jun 2015 01:30
Last Modified: 29 Jan 2019 23:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20346

Actions (login required)

View Item View Item