PENINGKATAN KOMPETENSI PEMBUATAN POLA ROK DRAPERI MELALUI MODEL COOPERATIVE TIPE ROTATING TRIO EXCHANGE PADA SISWA KELAS XI SMK MUHAMMADIYAH BERBAH

Giyani, Giyani (2015) PENINGKATAN KOMPETENSI PEMBUATAN POLA ROK DRAPERI MELALUI MODEL COOPERATIVE TIPE ROTATING TRIO EXCHANGE PADA SISWA KELAS XI SMK MUHAMMADIYAH BERBAH. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
GIYANI_10513242004.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK PENINGKATAN KOMPETENSI PEMBUATAN POLA ROK DRAPERI MELALUI MODEL COOPERATIVE TIPE ROTATING TRIO EXCHANGE PADA SISWA KELAS XI SMK MUHAMMADIYAH BERBAH Giyani 10513242004 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe Rotating Trio Exchange untuk meningkatkan kompetensi siswa dalam membuat pola rok draperi SMK Muhammadiyah Berbah, 2) Aktivitas belajar siswa dalam pencapaian kompetensi pembuatan pola rok draperi pada siswa kelas XI SMK Muhammadiyah Berbah 3) Peningkatan kompetensi pembuatan pola rok draperi melalui model pembelajaran rotating trio exchange SMK Muhammadiyah Berbah 4) Pendapat siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran membuat pola rok dengan model pembelajaran rotating trio exchange siswa kelas XI SMK Muhammadiyah Berbah. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang menggunakan penelitian model Kemmis dan Taggart . Pengambilan data dilaksanakan di SMK Muhammadiyah Berbah pada bulan Januari 2013, melalui dua siklus, dengan tahapan Perencanaan-Tindakan-Observasi-Refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas XI busana berjumlah 28 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan lembar observasi, angket dan tes unjuk kerja. Uji validitas berdasarkan pendapat dari para ahli (judgement expert),seperti ahli model pembelajaran, ahli materi dan guru mata diklat membuat pola. Uji reliabilitas menggunakan rumus alpha cronbach’s dengan nilai 0.968 untuk lembar penilaian observasi, 0.835 untuk penilaian unjuk kerja. Teknik analisis data yang digunakan dalam adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian meliputi 1) Penerapan model pembelajaran kooperatif melalui 6 fase (a) fase menyampaikan tujuan dan mempersiapkan peserta didik, (b) fase menyajikan informasi, (c) fase mengkoorganisir peserta didik ke dalam tim belajar, (d) fase membantu kerja tim dalam belajar, (e) fase evaluasi (f) memberikan pengakuan. 2) keaktifan belajar siswa pada pra siklus sebesar 27,68% setelah dikenai tindakan siklus pertama meningkat 25,58% pada siklus kedua keaktifan meningkat menjadi 85% 3)Peningkatan kompetensi pada pra siklus hanya 14,3% atau 6 siswa yang sudah memenuhi KKM, setelah dikenai tindakan pada siklus pertama pencapaian kompetensi siswa meningkat menjadi 67,85% atau 19 siswa yang sudah memenuhi KKM, dan setelah tindakan pada siklus kedua pencapaian kompetensi siswa 100% atau seluruh siswa sudah memenuhi KKM. Uraian di atas menunjukkan bahwa penerapan model rotating trio exchange dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata diklat membuat pola rok draperi. Kata Kunci : kompetensi, membuat pola rok draperi, cooperative learning

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 11 Jun 2015 01:04
Last Modified: 29 Jan 2019 23:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20340

Actions (login required)

View Item View Item