Pengembangan Modul Fisika Terintegrasi Nilai Spiritual untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar dan Pemahaman Konsep Peserta Didik Madrasah Aliyah

Sari, Lisa Femilia (2015) Pengembangan Modul Fisika Terintegrasi Nilai Spiritual untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar dan Pemahaman Konsep Peserta Didik Madrasah Aliyah. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-lisa-femilia-sari-13708259027.swf

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan modul fisika tertintegrasi nilai spiritual yang layak untuk pembelajaran peserta didik madrasah aliyah dan (2) mengetahui keefektifan modul fisika terintegrasi nilai spiritual dalam meningkatkan kemandirian belajar dan pemahaman konsep (fisika-integrasi) peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan 4D yang dikemukan oleh Thiagarajan yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop), dan tahap penyebaran (disseminate). Penelitian dilaksanakan di MAN 1 Yogyakarta pada semester 2 Tahun Pelajaran 2014/2015. Desain uji coba lapangan menggunakan desain pretest-postest control design yang terdiri dari 57 peserta didik kelas X MIA MAN 1 Yogyakarta. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data terdiri dari lembar validasi ahli, angket respon siswa, lembar observasi, angket kemandirian, dan soal tes pemahaman konsep (fisika-integrasi). Data dianalisis dengan uji mulvariate (MANOVA) dengan taraf signifikansi (α) 0,05. Penelitian ini menghasilkan: (1) modul fisika terintegrasi nilai spiritual yang layak digunakan pada pembelajaran berdasarkan penilaian dosen ahli dan guru fisika dengan kategori penilaian “Baik”, (2) secara statistik, terdapat perbedan signifikan rata-rata kemandirian dan pemahaman konsep (fisika-integrasi) pada kelas eksperimen dan kelas kontrol, dimana gain score kelas eksperimen lebih tinggi daripada gain score kelas kontrol.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: modul fisika, integrasi nilai spiritual, kemandirian belajar, pemahaman konsep
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 12 Jun 2015 01:35
Last Modified: 09 May 2019 02:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20339

Actions (login required)

View Item View Item