PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO MATA PELAJARAN KETERAMPILAN MENYULAM UNTUK SISWA TUNAGRAHITA RINGAN KELAS XII DI SMA LUAR BIASA NEGERI 1 YOGYAKARTA

Gina, Eka Putri (2015) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO MATA PELAJARAN KETERAMPILAN MENYULAM UNTUK SISWA TUNAGRAHITA RINGAN KELAS XII DI SMA LUAR BIASA NEGERI 1 YOGYAKARTA. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
Gina Eka Putri 10513241018.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO MATA PELAJARAN KETERAMPILAN MENYULAM UNTUK SISWA TUNAGRAHITA RINGAN KELAS XII DI SMA LUAR BIASA NEGERI 1 YOGYAKARTA Oleh: Gina Eka Putri 10513241018 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Menghasilkan media video mata pelajaran keterampilan menyulam untuk siswa tunagrahita ringan kelas XII di SMA Luar Biasa Negeri 1 Yogyakarta, 2) Mengetahui kelayakan media video mata pelajaran keterampilan menyulam untuk siswa tunagrahita ringan kelas XII di SMA Luar Biasa Negeri 1 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development). Subjek penelitian ini adalah siswa tunagrahita ringan kelas XII sebanyak 4 siswa dan objek penelitian adalah media video mata pelajaran keterampilan menyulam di SMA Luar Biasa Negeri 1 Yogyakarta. Model pengembangan penelitian ini mengacu pada prosedur Borg & Gall yang disederhanakan oleh Tim Puslitjaknov terdiri atas 5 tahap, yaitu: 1) analisis produk, 2) pengembangan produk awal, 3) validasi ahli dan revisi, 4) uji coba lapangan skala kecil dan revisi, 5) uji coba lapangan skala besar dan produk akhir. Metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara, angket/ panduan wawancara, dan dokumentasi. Penilaian kelayakan media video melibatkan validator terdiri atas ahli materi dan ahli media, uji coba skala kecil terhadap 1 siswa, dan uji coba skala besar menggunakan sampel jenuh terhadap 4 siswa kelas XII SMA Luar Biasa Negeri 1 Yogyakarta. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian pengembangan ini berupa:1) dihasilkannya media video mata pelajaran keterampilan menyulam untuk siswa tunagrahita ringan kelas XII yang sesuai dengan materi dalam silabus dan RPP yang diterapkan di SMA Luar Biasa Negeri 1 Yogyakarta, 2) Media video pembelajaran layak digunakan untuk siswa tunagrahita ringan kelas XII di SMA Luar Biasa Negeri 1 Yogyakarta dari aspek media dan aspek materi. Kelayakan media video pembelajaran berdasarkan penilaian validator mencapai persentasi sebesar 100%, maka media video ini dinyatakan layak untuk diujikan ke lapangan. Dari uji coba skala kecil hasilnya adalah 72,50% tergolong dalam kategori layak. Selanjutnya pada uji coba luas pada 4 siswa tunagrahita ringan hasilnya adalah 74,37%, sehingga menyatakan media video mata pelajaran keterampilan menyulam layak digunakan sebagai media pembelajaran bagi siswa tunagrahita kelas XII di SMA Luar Biasa Negeri 1 Yogyakarta. Kata Kunci: pengembangan, media video keterampilan menyulam, anak tunagrahita ringan

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 11 Jun 2015 00:57
Last Modified: 29 Jan 2019 23:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20337

Actions (login required)

View Item View Item