PENGARUH KONSEP DIRI, PENGALAMAN PRAKTIK INDUSTRI DAN INFORMASI DUNIA KERJA TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA KELAS XII PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK BANGUNAN SMK NEGERI 1 SEYEGAN TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Galuh, Jati Chatamsi (2015) PENGARUH KONSEP DIRI, PENGALAMAN PRAKTIK INDUSTRI DAN INFORMASI DUNIA KERJA TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA KELAS XII PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK BANGUNAN SMK NEGERI 1 SEYEGAN TAHUN PELAJARAN 2014/2015. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
Galuh Jati Chatamsi 10505244011.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

PENGARUH KONSEP DIRI, PENGALAMAN PRAKTIK INDUSTRI DAN INFORMASI DUNIA KERJA TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA KELAS XII PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK BANGUNAN SMK NEGERI 1 SEYEGAN TAHUN PELAJARAN 2014/2015 Oleh: Galuh Jati Chatamsi 10505244011 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh konsep diri terhadap kesiapan kerja; (2) pengaruh pengalaman praktik industri terhadap kesiapan kerja; (3) pengaruh informasi dunia kerja terhadap kesiapan kerja; (4) pengaruh konsep diri, pengalaman praktik industri, dan informasi dunia kerja secara bersama-sama terhadap kesiapan kerja. Jenis penelitian ini adalah ex post-facto. Populasi penelitian ini adalah 88 siswa kelas XII Program Keahlian Teknik Bangunan SMKN 1 Seyegan Tahun Pelajaran 2014/2015. Sampel penelitian ini adalah 72 siswa yang ditentukan dengan menggunakan tabel Krejcie & Morgan (α = 0.05). Data diambil menggunakan metode angket dengan model skala likert. Validitas instrumen penelitian dihitung menggunakan rumus korelasi Product Moment dan reliabilitas instrumen dihitung menggunakan rumus Alpha Cronbach. Teknik analisis data untuk menguji hipotesis menggunakan analisis regresi dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif yang signifikan Konsep Diri terhadap Kesiapan Kerja Siswa ditunjukkan dengan thitung = 2.743 > ttabel = 1.667 (p < 0.05) dan sumbangan efektif 12.84%; (2) terdapat pengaruh positif yang signifikan Pengalaman Praktik Industri terhadap Kesiapan Kerja Siswa ditunjukkan dengan dengan thitung = 3.769 > ttabel = 1.667 (p < 0.05) dan sumbangan efektif 23.73%; (3) tidak terdapat pengaruh positif yang signifikan Informasi Dunia Kerja terhadap Kesiapan Kerja Siswa ditunjukkan dengan thitung = 0.474 < ttabel = 1.667 (p > 0.05) dan sumbangan efektif 2.05%; (4) terdapat positif yang signifikan Konsep Diri, Pengalaman Praktik Industri, dan Informasi Dunia Kerja secara bersama-sama terhadap Kesiapan Kerja Siswa ditunjukkan dengan Fhitung = 14.267 > Ftabel = 2.74 (p < 0.05) dan sumbangan efektif sebesar 38.6%. Kata kunci: konsep diri, pengalaman praktik industri, informasi dunia kerja, kesiapan kerja

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Sipil dan Perencanaan
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 11 Jun 2015 00:54
Last Modified: 29 Jan 2019 23:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20335

Actions (login required)

View Item View Item