Pengembangan Modul Menyediakan Layanan Makanan dan Minuman di Restoran bagi Peserta Didik Kelas X SMK Negeri 3 Magelang

Fitriani, Diah Utami (2015) Pengembangan Modul Menyediakan Layanan Makanan dan Minuman di Restoran bagi Peserta Didik Kelas X SMK Negeri 3 Magelang. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Fitriani Diah 10511247005.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pengembangan Modul Menyediakan Layanan Makanan dan Minuman di Restoran bagi Peserta Didik Kelas X SMK Negeri 3 Magelang Oleh: Fitriani Diah Utami 10511247005 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengembangkan modul menyediakan layanan makanan dan minuman di restoran bagi peserta didik kelas X SMK Negeri 3 Magelang; 2) Mengetahui kelayakan modul menyediakan layanan makanan dan minuman di restoran yang layak dipergunakan sebagai sumber belajar. Penelitian ini merupakan penelitian research and development (R&D). Subyek penelitian peserta didik kelas X Jurusan Jasa Boga SMK Negeri 3 Magelang. Objek dalam penelitian ini adalah modul menyediakan layanan makanan dan minuman di restoran. Uji coba produk dan instrumen dilakukan pada 35 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan angket. Instrumen yang digunakan yaitu meliputi observasi, wawancara, angket untuk ahli media, angket untuk ahli materi dan angket untuk peserta didik. Uji validitas konstruk dilakukan untuk instrumen observasi, wawancara, angket untuk ahli media, angket untuk ahli materi dan angket untuk peserta didik dengan konsultasi ahli (judgement expert) yang sesuai dengan bidangnya. Dari 15 butir angket untuk peserta didik dinyatakan semua valid tidak ada butir soal yang gugur.Teknik analisis data untuk kelayakan modul menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pengembangan modul Menyediakan Layanan Makanan dan Minuman di Restoran ini melalui beberapa tahap yaitu: analisis kebutuhan modul, pengumpulan referensi materi, merancang modul, menyusun modul, validasi modul, dan revisi; 2) Kelayakan modul Menyediakan Layanan Makanan dan Minuman di Restoran meliputi aspek 2 aspek yaitu aspek media pembelajaran pada kategori sangat layak dengan frekuensi relatif sebesar 91,4% dan kategori layak 8,6% sedangkan dari aspek manfaat pada kategori sangat layak dengan frekuensi relatif sebesar 71,4% dan kategori layak sebesar 28,6%. Secara keseluruhan tingkat kelayakan modul sangat layak dengan frekuensi relatif sebesar 85,7% dan kategori layak sebesar 14,3%. Hal ini menunjukkan bahwa modul Menyediakan Layanan Makanan dan Minuman di Restoran ini sangat layak dan sesuai untuk digunakan sebagai sumber belajar bagi guru dan peserta didik di SMK Negeri 3 Magelang. Kata kunci: pengembangan, modul, kompetensi layanan makanan dan minuman di restoran

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 11 Jun 2015 00:18
Last Modified: 29 Jan 2019 23:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20327

Actions (login required)

View Item View Item