PENINGKATAN KREATIVITAS ANAK DALAM PEMBELAJARAN SENI TARI MELALUI STRATEGI BELAJAR SAMBIL BERMAIN DI TK ABA KARANGMALANG

Palint, Ria Oku (2014) PENINGKATAN KREATIVITAS ANAK DALAM PEMBELAJARAN SENI TARI MELALUI STRATEGI BELAJAR SAMBIL BERMAIN DI TK ABA KARANGMALANG. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Ria Oku Palint 10209241012.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas anak dalam pembelajaran seni tari melalui strategi belajar sambil bermain di TK ABA Karangmalang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Desain penelitian ini mengacu pada model Kemmis dan Mc Taggart, meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B TK ABA Karangmalang yang berjumlah 16 anak, terdiri dari 8 orang anak lakilaki dan 8 orang anak perempuan. Kolabolator penelitian ini adalah guru Seni Tari TK ABA Karangmalang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi. Instrumen penelitian ini adalah lembar obsevasi dan catatan harian. Teknik analisis data yang dipergunakan adalah analisis deskriptif baik kuantitatif maupun kualitatif. Kriteria keberhasilan tindakan penelitian ini adalah: (1) perbandingan sebelum tindakan dan sesudah tindakan mengalami peningkatan pada aspek kreativitas dan (2) skor minimal yang dicapai pada semua aspek kreativitas minimal 61. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kreativitas anak dapat ditingkatkan setelah diberi tindakan melalui strategi belajar sambil bermain yang diterapkan pada pembelajaran seni tari. Hasil observasi sebelum tindakan menunjukkan bahwa skor kreativitas rata-rata yang diperoleh anak adalah 57,9. Ada dua aspek kreativitas yang belum berkembang yaitu orisinalitas dan elaborasi. Pada siklus I skor kreativitas rata-rata meningkat menjadi 85,83 dan semua aspek kreativitas telah berkembang namun ada dua aspek yang perkembangannya belum maksimal, yaitu fleksibilitas dan elaborasi. Pada siklus II skor kreativitas rata-rata meningkat menjadi 96,66 dan semua aspek kreativitas telah berkembang maksimal. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa guru diseyogyakan menerapkan strategi belajar sambil bermain untuk meningkatkan kreativitas anak dalam pembelajaran seni tari.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kreativitas, Pembelajaran Seni Tari, Strategi Belajar Sambil Bermain
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Tari
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Tari
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Tari FBS
Date Deposited: 10 Jun 2015 07:43
Last Modified: 29 Jan 2019 23:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20326

Actions (login required)

View Item View Item