PERKEMBANGAN BENTUK PENYAJIAN KESENIAN KHADISSISWA DI DUSUN SUNGAPAN DUKUH, KELURAHAN ARGODADI, KECAMATASEDAYU, KABUPATEN BANTUL

Andriani, Nurul Ekawati (2012) PERKEMBANGAN BENTUK PENYAJIAN KESENIAN KHADISSISWA DI DUSUN SUNGAPAN DUKUH, KELURAHAN ARGODADI, KECAMATASEDAYU, KABUPATEN BANTUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Nurul Ekawati Andriani 07209241035.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan Perkembangan Bentuk Penyajian Kesenian Khadissiswa di Dusun Sungapan Dukuh, Argodadi, Sedayu, Bantul, mendiskripsikan bentuk penyajian kesenian Khadissiswa, dan faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan kesenian Khadissiswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah kesenian Khadissiswa di Dusun Sungapan Dukuh, Argodadi, Sedayu, Bantul. Penelitian ini difokuskan pada permasalahan yang berkaitan dengan sejarah kesenian Khadissiswa, perkembangan kesenian Khadissiswa dan faktor yang mempengaruhi perkembangan kesenian Khadissiswa. Data dianalisis dengan menelaah, mengumpulkan, dan mengkelompokkan data. Keabsahan data diperoleh melalui triangulasi, yaitu triangulasi sumber . Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Bentuk penyajian Khadissiswa yang mengalami perkembangan adalah elemen-elemen pertunjukkan yang terdiri atas gerak, tata busana, rias, iringan, pola lantai, tempat pertunjuukan, property. (2) perkembangan kesenian Khadissiswa dari tahun 1965 sampai 2010 banyak mengalami bentuk penyajian sehingga menjadi lebih baik, (3) Perkembangan Khadissiswa dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain faktor pendukung (regenerasi penari, minat masyarakat, dan perhatian Dinas Kebudayaan dan Pariwisata).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: bentuk penyajian, khadissiswa
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Tari
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Tari
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Tari FBS
Date Deposited: 10 Jun 2015 07:37
Last Modified: 29 Jan 2019 23:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20324

Actions (login required)

View Item View Item