UPAYA MENINGKATAN PARTISIPASI SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN PRAKTIK TARI MELALUI METODE JIGSAW DI KELAS VIII-2 SMP NEGERI 8 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2013 / 2014

Putri, Karen Andika (2014) UPAYA MENINGKATAN PARTISIPASI SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN PRAKTIK TARI MELALUI METODE JIGSAW DI KELAS VIII-2 SMP NEGERI 8 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2013 / 2014. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Karen Andika Putri 10209244031.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya meningkatkan partisipasi pembelajaran praktik tari melalui metode jigsaw. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII-2 di SMP Negeri 8 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Prosedur penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data diperoleh dari catatan lapangan, observasi, tes penampilan, angket, serta wawancara guru dan siswa. Teknik analisis data yang dilakukan adalah tingkat partisipasi siswa dalam pelaksanaan proses pembelajaran praktik tari dan hasil penerapan tindakan. Hasil penelitian ini menunjukkan ada peningkatan partisispasi siswa dalam pembelajaran praktik tari pada siswa kelas VIII-2 SMP Negeri 8 Yogyakarta. Peningkatan pembelajaran siswa tampak pada kualitas proses yang ditunjukkan dengan antusias dan partisispasi siswa selama mengikuti proses pembelajaran praktik tari. Peningkatan kualitas partisispasi siswa dapat dilihat dari peningkatan skor partisipasi siswa dan rata-rata nilai dari siklus I hingga siklus II. Rata-rata skor partisipasi siswa pada siklus I 65,67% dan pada siklus II meningkat menjadi 79,83%. Kenaikan partisipasi siswa dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 14,16%. Untuk rata-rata skor pada siklus I 68,00 dan pada siklus II meningkat menjadi 83,87. Kenaikan rata-rata skor siswa dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 15,87. Dari hasil di atas diketahui bahwa dengan menggunkan metode jigsaw dapat meningkatkan partisispasi siswa pembelajaran praktik tari kelas VIII-2 SMP Negeri 8 Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Partisipasi, Pembelajaran Praktik Tari, Jigsaw
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Tari
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Tari
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Tari FBS
Date Deposited: 10 Jun 2015 07:23
Last Modified: 29 Jan 2019 23:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20320

Actions (login required)

View Item View Item