BENTUK PENYAJIAN KESENIAN REOG DHODHOG DI DUSUN PEDES, KELURAHAN ARGOMULYO, KECAMATAN SEDAYU, KABUPATEN BANTUL

Endah, Febriana Nur (2014) BENTUK PENYAJIAN KESENIAN REOG DHODHOG DI DUSUN PEDES, KELURAHAN ARGOMULYO, KECAMATAN SEDAYU, KABUPATEN BANTUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Febriana Nur Endah 10209244036.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui serta mendeskripsikan bentuk penyajian kesenian Reog Dhodhog yang tumbuh dan berkembang di Dusun Pedes, Kelurahan Argomulyo, Kecamatan Sedayu, Kabupaten Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Objek penelitian ini adalah bentuk penyajian kesenian Reog Dhodhog. Subjek penelitian ini adalah penari, pemusik, tokoh masyarakat, dan orang-orang yang mengetahui kesenian Reog Dhodhog tentang bentuk penyajiannya. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Instrumen penelitian ini adalah pedoman observasi lapangan, wawancara, dan pedoman studi dokumentasi dengan alat bantu : alat perekam, catatan wawancara, dan kamera. Langkah-langkah analisis data yang digunakan adalah deskripsi data, reduksi data, dan pengambilan kesimpulan. Keabsahan data diperoleh dengan menggunakan triangulasi. Hasil penelitian ini yaitu bentuk penyajian kesenian Reog Dhodhog di Dusun Pedes, Kelurahan Argomulyo, Kecamatan Sedayu, Kabupaten Bantul. Kesenian Reog Dhodhog berdiri tahun 1996 yang diprakarsai oleh Wahyuni. Bentuk penyajian kesenian ini terdiri dari struktur penyajian dan elemen yang mendukung penyajian kesenian tersebut. Struktur penyajian kesenian Reog Dhodhog dibagi menjadi 3 babak yaitu babak 1 pembuka, babak 2 inti, dan babak 3 penutup. Elemen yang mendukung bentuk penyajian ini adalah : gerak, desain lantai, iringan, tata rias, tata busana, perlengkapan/properti, dan tempat pertunjukkan. Gerak pada kesenian Reog Dhodhog menggunakan gerak sederhana tetapi menarik. Desain lantai yang digunakan yaitu : lurus horizontal dan vertikal, setengah lingkaran, satu lingkaran, miring, dan huruf V. Iringan yang digunakan kendang batangan, gong kempul, bonang, simbal, dan kendang dhodhog. Tata rias penari putra menggunakan rias putra halus, tata rias putri menggunakan rias cantik, sedangkan untuk penghibur menggunakan rias humor. Tata busana putra yaitu iket, baju lurik, celana, jarik batik modivikasi, bara, buntal, stagen, rampek, sampur, klat bahu, dekker tangan, dan krincing kaki. Tata busana putri yaitu baju lurik, celana, kain jarik, sampur, stagen, buntal, sabuk timang, bara, klat bahu, dekker tangan, dan asesoris. Sedangkan tata busana yang digunakan penghibur yaitu iket, rompi, celana, kain jarik, dan stagen. Perlengkapan/property yang digunakan yaitu kendang dhodhog. Tempat pertunjukkan di lapangan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Bentuk Penyajian, Kesenian, Reog Dhodhog
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Tari
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Tari
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Tari FBS
Date Deposited: 10 Jun 2015 07:14
Last Modified: 29 Jan 2019 23:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20317

Actions (login required)

View Item View Item