PENINGKATAN KOMPETENSI PEMBUATAN POLA KEBAYA MELALUI PENERAPAN METODE DRILL AND PRACTICE BERBANTUAN MACROMEDIA FLASH DI SMK NEGERI 1 DEPOK SLEMAN

Firmanila, Tyastuti (2015) PENINGKATAN KOMPETENSI PEMBUATAN POLA KEBAYA MELALUI PENERAPAN METODE DRILL AND PRACTICE BERBANTUAN MACROMEDIA FLASH DI SMK NEGERI 1 DEPOK SLEMAN. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
firmanila tyasturi 1051341028.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan : 1) mengetahui pelaksanaan proses belajar membuat pola kebaya menggunakan metode drill and practice berbantuan macromedia flash, 2) mengetahui peningkatan kompetensi pembuatan pola kebaya dengan metode drill and practice berbantuan macromedia flash, 3) mengetahui pendapat siswa tentang media pembelajaran membuat pola kebaya menggunakan macromedia flash di SMK N 1 Depok. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan desain penelitian model Kemmis dan Mc.Taggart. Subjek penelitian ini siswa kelas XI Busana Butik SMK N 1 Depok berjumlah 32 siswa. Metode Pengumpulan data menggunakan lembar observasi pelaksanaan pembelajaran, lembar observasi keaktifan belajar siswa, tes peningkatan kompetensi dan angket. Uji validitas dan reliabilitas instrumen penelitian dengan meminta pertimbangan ahli (judgment expert) dan uji reliabilitas menggunakan antar rater. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian ini adalah : 1) pelaksanaan pembelajaran membuat kebaya menggunakan metode drill and practice berbantuan macromedia flash pada kelas XI Busana Butik di SMK N 1 Depok, pada siklus I berada pada kategori baik 14%, kategori cukup baik 40% dan kategori kurang baik 46%. Pada siklus II berada pada pada kategori baik 54,5%, kategori cukup baik 41% dan kategori kurang baik 4,5%. Pelaksanaan pembelajaran membuat kebaya menggunakan metode drill and practice berbantuan macromedia flash terlaksana dengan baik terbukti dari meningkatnya persentase pada kategori terlaksana dengan baik, 2) terjadi peningkatan kompetensi membuat kebaya menggunakan metode drill and practice berbantuan macromedia yang dibuktikan dari kompetensi belajar siswa pada pra siklus ke siklus I meningkat 13,46 pada siklus I ke siklus II meningkat 9,20 dengan ketuntasan siswa sesuai standar KKM 100%, 3) menurut pendapat siswa tentang penggunaan media pembelajaran membuat pola kebaya menggunakan macromedia flash menunjukkan 28 siswa (87,5%) termasuk dalam kategori sangat senang dan 4 siswa (12,5%) berada pada kategori senang. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode drill and practice berbantuan macromedia flash dapat meningkatkan kompetensi membuat pola kebaya pada mata diklat membuat pola.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kompetensi, drill and practice, macromedia flash, pola kebaya
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 10 Jun 2015 03:59
Last Modified: 26 Sep 2019 02:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20307

Actions (login required)

View Item View Item