Hubungan Antara Kesiapan Mengikuti Tes Ujian dengan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Produktif Siswa SMK N 3 Wonosari

Fatma, Nur Hakim (2015) Hubungan Antara Kesiapan Mengikuti Tes Ujian dengan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Produktif Siswa SMK N 3 Wonosari. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
Fatma Nur 07511241025.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Hubungan Antara Kesiapan Mengikuti Tes Ujian dengan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Produktif Siswa SMK N 3 Wonosari Oleh : Fatma Nur Hakim (075112141025) ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Kesiapan secara internal (kondisi kesiapan fisik, mental, emosional, sarana dan prasarana, motivasi, dan pengetahuan) siswa mengikuti tes ujian mata pelajaran produktif; (2) Tingkat prestasi belajar mata pelajaran produktif siswa SMK N 3 Wonosari; dan (3) Hubungan antara kesiapan mengikuti tes ujian dengan prestasi belajar mata pelajaran produktif siswa SMK N 3 Wonosari. Jenis penelitian ini adalah ex post facto dengan populasi 216 dan mengambil sampel penelitian sebanyak 132 subjek dengan menggunakan teknik proporsional random sampling. Penelitian ini dilakukan pada siswa Jasa Boga SMK N 3 Wonosari dari Agustus 2011 sampai April 2012. Pengumpulan data penelitian menggunakan angket dan dokumentasi. Uji validitas instrumen dari 49 butir pernyataan dinyatakan 4 butir pernyataan tidak valid dan 45 butir pernyataan dinyatakan valid. Tingkat reliabilitas instrumen mempunyai keandalan koefisien sebesar 0,926 > alpha (0,600) berarti bahwa instrumen kesiapan mengikuti tes ujian dikatakan reliabel pada tingkat keandalan koefisien sangat tinggi. Uji persyaratan analisis menggunakan uji normalitas dan linieritas dengan hasil uji normalitas nilai x sebesar 0,186 dan nilai y sebesar 0,091 > alpha (0,05%) dinyatakan berdistribusi normal sedangkan hasil uji linieritas f hitung 1,504 > alpha (0,05%) dinyatakan linier. Teknik analisis yang digunakan adalah product moment dengan menggunakan bantuan program statistik SPSS 16.0 release for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kesiapan mengikuti tes ujian siswa SMK N 3 Wonosari secara keseluruhan masuk dalam kategori baik 69 siswa (52,27%). Tingkat kesiapan mengikuti tes ujian siswa dari yang terendah sampai dengan yang tertinggi yaitu kondisi kesiapan emosional (34,1%), kondisi kesiapan pengetahuan (37,5%), kondisi kesiapan kebutuhan/sarana dan prasarana (37,88%), kondisi kesiapan motivasi (42,05%), kondisi kesiapan fisik (42,42%) dan kondisi kesiapan mental (66,67%) (2) Prestasi belajar mata pelajaran produktif secara keseluruhan masuk dalam kategori baik 81 siswa (61,36%). Tingkat prestasi belajar mata pelajaran produktif dari yang terendah sampai dengan yang tertinggi yaitu prestasi belajar mata pelajaran sanitasi hygiene (25%), prestasi belajar mata pelajaran layanan makanan dan minuman (27,84%), dan prestasi belajar mata pelajaran komunikasi dan pelayanan jasa (42,05%); (3) Hasil menunjukkan bahwa rhitung 0,312 lebih besar dari r tabel 0,176 yaitu rhitung 0,312 > r tabel 0,176. Hal ini berarti H0 ditolak dan Ha diterima, sehingga kesimpulan terdapat hubungan antara kesiapan mengikuti tes ujian (X) dengan prestasi belajar mata pelajaran produktif (Y) siswa SMK N 3 Wonosari. Kesiapan mengikuti tes ujian menentukan besarnya prestasi belajar siswa sebesar 9,7%. Dari hasil perhitungan diperoleh b = 0,493 bertanda positif, ini berarti setiap kali variabel X (Kesiapan mengikuti tes ujian) bertambah satu, maka rata-rata variabel Y (Prestasi belajar mata pelajaran produktif siswa) bertambah 0,493. Kata kunci :Kesiapan tes ujian, Mata pelajaran produktif, Prestasi belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 10 Jun 2015 03:41
Last Modified: 29 Jan 2019 23:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20302

Actions (login required)

View Item View Item