KEBIJAKAN SEKOLAH DALAM PEMANFAATAN BUKU SEKOLAH ELEKTRONIK (BSE)DI SMP NEGERI 5 YOGYAKARTA

Saiful, Ramadhan (2014) KEBIJAKAN SEKOLAH DALAM PEMANFAATAN BUKU SEKOLAH ELEKTRONIK (BSE)DI SMP NEGERI 5 YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img] Text
Saiful Ramadhan_09110241022.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang pemanfaatan buku sekolah elektronik (BSE) di SMP Negeri 5 Yogyakarta mengenai access atau kesempatan masuknya BSE ke sekolah, survive dan keberlangsungan BSE di SMP Negeri 5 Yogyakarta, efisiensi internal atau output serta efisiensi eksternal atau outcome, dari pemanfaatan BSE di sekolah bagi siswa, guru, serta orangtua. Serta mengetahui faktor pendukung dan penghambat pemanfaatan Buku Sekolah Elektronik di SMP Negeri 5 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah bidang Kurikulum dan Sarana Prasarana, guru dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan kajian dokumen. Data yang diperoleh dianalisis dengan reduksi data, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diuji dengan teknik triangulasi subjek atau sumber data dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Kesempatan masuknya BSE ke SMP Negeri 5 Yogyakarta (a) adanya kebijakan dari pemerintah pusat mengenai pemberian buku-buku pelajaran atau buku paket BSE ke sekolah, (b) mulai diajarkan pembelajaran e-learning di sekolah. (2) Cara BSE mampu bertahan dan berkelanjutan dilakukan dengan (a) peminjaman secara berkala (per tahun) kepada para siswa di sekolah, (b) dirawat buku-buku paket BSE tersebut, (c) mensosialisasikan penggunaan buku BSE kepada siswa sebagai sumber belajar. (3) Efisiensi internal dari pemanfaatan BSE adalah (a) siswa mendapatkan sumber belajar baru dari sekolah, berupa buku paket BSE, (b) mengajarkan siswa untuk berpikir terbuka dan mencari sumber belajar baru. (4) Efisiensi eksternal dari pemanfaatan BSE ini adalah (a) siswa mampu bersikap cekatan dan efisien, khususnya dalam pemanfaatan BSE digital, (b) guru mampu bersaing dengan tuntutan zaman dengan selalu mencari sumber belajar baru yang menambah kualitas mereka sebagai seorang pengajar. Faktor pendukung pemanfaatan BSE ialah adanya peminjaman buku-buku paket BSE tercetak dari sekolah (perpustakaan). Faktor penghambat dari pemanfaatan BSE ialah Buku-buku BSE hanya menjadi minimun requirement students atau kebutuhan minimal siswa di sekolah Kata kunci : Kebijakan, Pemanfaatan, Buku Sekolah Elektronik (BSE)

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Perpustakaan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Kebijakan Pendidikan
Depositing User: Admin Filsafat dan Sosiologi Pendidikan FIP
Date Deposited: 11 Jun 2015 03:30
Last Modified: 29 Jan 2019 23:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20296

Actions (login required)

View Item View Item