IMPLEMENTASI KEBIJAKAN EKSTRAKURIKULER PUSAT INFORMASI DAN KONSELING REMAJA (PIK-R) DI SMK NEGERI 1 PANJATAN

Susi, Kurniawati (2014) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN EKSTRAKURIKULER PUSAT INFORMASI DAN KONSELING REMAJA (PIK-R) DI SMK NEGERI 1 PANJATAN. S1 thesis, UNY.

[img] Text
Susi Kurniawati.pdf
Restricted to Registered users only

Download (30MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi kebijakan ekstrakurikuler Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R), kendala-kendala yang muncul, dan strategi dalam mengatasi kendala-kendala yang muncul pada implementasi kebijakan ekstrakurikuler Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R) di SMK Negeri 1 Panjatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 1 Panjatan. Subjek penelitian terdiri dari Kepala Sekolah, guru, konselor sebaya, pendidik sebaya, pembina, pengurus dan anggota ekstrakurikuler Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R), serta siswa di SMK Negeri 1 Panjatan yang tidak ikut ekstrakurikuler Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R). Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan kajian dokumen. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Implementasi kebijakan ekstrakuri- kuler Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R) di SMK Negeri 1 Panjatan masuk ke dalam tahap tegak. Empat komponen yang mendukung keberhasilan suatu implementasi kebijakan yaitu: a) komunikasi yang berlangsung dengan cukup baik. Tetapi informasi tidak merata ke semua warga sekolah; b) struktur birokrasi berjalan dengan baik; c) sumber daya manusia yang ada masih kurang terlatih. Sumber daya informasi sudah mencukupi; d) sikap dari pelaksana kebijakan sudah baik.; 2) kendala-kendala yang muncul dalam implementasi kebijakan ekstrakurikuler Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R) di SMK Negeri 1 Panjatan adalah: sumber daya manusia yang masih kurang terlatih, kurangnya kedisiplinan dari pengurus dan anggota, kurangnya sarana dan prasarana yang mendukung yaitu belum tersedianya ruang khusus untuk ekstrakurikuler Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R) di SMK Negeri 1 Panjatan; 3) Strategi untuk mengatasi kendala-kendala yang muncul dalam implementasi kebijakan ekstrakurikuler Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R) di SMK Negeri 1 Panjatan adalah: menjalin kerja sama dengan instansi- instansi dari luar sekolah yang terkait, memberikan sanksi untuk anggota dan pengurus yang tidak tertib, dan memanfaatkan secara maksimal sarana dan prasarana yang tersedia di sekolah dengan menggunakan ruang kelas yang ada. Kata kunci: implementasi, kebijakan ekstrakurikuler, Pusat Informasi dan

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Perpustakaan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Kebijakan Pendidikan
Depositing User: Admin Filsafat dan Sosiologi Pendidikan FIP
Date Deposited: 11 Jun 2015 03:28
Last Modified: 29 Jan 2019 23:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20293

Actions (login required)

View Item View Item