PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR PEMELIHARAAN BAHAN TEKSTIL SISWA KELAS X SMK N 1 NGAWEN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK

Evi, Nurcahyani (2015) PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR PEMELIHARAAN BAHAN TEKSTIL SISWA KELAS X SMK N 1 NGAWEN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
Evi Nurcahyani 10513241011.pdf

Download (16MB) | Preview

Abstract

PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR PEMELIHARAAN BAHAN TEKSTIL SISWA KELAS X SMK N 1 NGAWEN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK Oleh: Evi Nurcahyani NIM. 10513241011 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk : 1) menerapkan model pembelajaran talking stick pada pembelajaran pemeliharaan bahan tekstil siswa kelas X Tata Busana A di SMK N 1 Ngawen, 2) meningkatkan keaktifan siswa kelas X Tata Busana A pada pembelajaran pemeliharaan bahan tekstil di SMK N 1 Ngawen, 3) meningkatkan prestasi belajar siswa kelas X Tata Busana A pada pembelajaran pemeliharaan bahan tekstil SMK N 1 Ngawen. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif menggunakan model spiral Kemmis dan Mc. Taggart dengan tahapan sebagai berikut: perencanaan, tindakan & pengamatan, serta refleksi. Penelitian dilaksanakan di SMK N 1 Ngawen dengan subjek penelitian siswa kelas X Tata Busana A yang berjumlah 25 siswa. Pengumpulan data menggunakan observasi, tes kognitif, dokumentasi, dan catatan lapangan. Uji validitas instrumen menggunakan validitas isi dan konstruk. Uji reliabilitas menggunakan antar rater. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif. Model pembelajaran talking stick yang diterapkan sesuai dengan sintak talking stick dan siswa menjadi lebih aktif dalam pembelajaran, lalu guru berperan sebagai pengajar yang memantau proses pembelajaran, sehingga dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran talking stick mampu: 1) meningkatkan pembelajaran, yaitu pada siklus I keterlaksanaan pembelajaran dapat tercapai 75%, sedangkan pada siklus II dapat tercapai 100%, 2) meningkatkan keaktifan belajar siswa dengan dibuktikan pada pra siklus secara keseluruhan prosentase keaktifan siswa yaitu sebesar 68,22%, pada siklus I prosentase keaktifan siswa 77,33%, dan siklus II prosentase keaktifan siswa sebesar 91,44%, 3) meningkatkan prestasi belajar siswa dengan dibuktikan pada pra siklus prosentase siswa yang tuntas 36% atau 9 siswa, dan prosentase yang tidak tuntas 64% atau 16 siswa. Siklus I hasil prosentase siswa yang tuntas 88% atau 22 siswa dan siswa yang tidak tuntas 12% atau 3 siswa. Siklus II hasil prosentase siswa yang tuntas 100% atau 25 siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini maka dapat disimpulkan, bahwa penerapan model pembelajaran talking stick dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar pemeliharaan bahan tekstil siswa kelas X Tata Busana A di SMK N 1 Ngawen. Hal ini berarti hipotesis tindakan pada penelitian ini terbukti. Kata kunci: keaktifan, prestasi belajar, pembelajaran talking stick, pemeliharaan bahan tekstil

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 10 Jun 2015 03:02
Last Modified: 29 Jan 2019 23:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20282

Actions (login required)

View Item View Item