HUBUNGAN INTENSITAS MELIHAT TAYANGAN MEMASAK DI TELEVISI TERHADAP MINAT MEMASUKI SMK JURUSAN BOGA PADA SISWA KELAS 9 SMP NEGERI 3 DEPOK DIY

Evajune, Widiyawati (2015) HUBUNGAN INTENSITAS MELIHAT TAYANGAN MEMASAK DI TELEVISI TERHADAP MINAT MEMASUKI SMK JURUSAN BOGA PADA SISWA KELAS 9 SMP NEGERI 3 DEPOK DIY. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
EVAJUNE WIDIYAWATI 11511244020.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

HUBUNGAN INTENSITAS MELIHAT TAYANGAN MEMASAK DI TELEVISI TERHADAP MINAT MEMASUKI SMK JURUSAN BOGA PADA SISWA KELAS 9 SMP NEGERI 3 DEPOK DIY Oleh: Evajune Widiyawati NIM. 11511244020 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) intensitas melihat tayangan memasak di televisi, (2) minat memasuki SMK Jurusan Boga, (3) hubungan intensitas melihat tayangan memasak di televisi terhadap minat memasuki SMK Jurusan Boga pada siswa kelas 9 SMP Negeri 3 Depok DIY. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas 9 SMP Negeri 3 Depok DIY. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik disproportional sampling dan sampel penelitian ditentukan dengan referensi dari Isaac dan Michael dengan taraf kesalahan 5% sehingga sampel dalam penelitian ini sebanyak 96 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan angket tertutup dengan Skala Likert. Uji validitas instrumen menggunakan validitas konstruk expert judgement dan validitas isi dengan kolerasi Product Moment. Uji reliabilitas instrumen menggunakan Alpha Cronbach. Analisis data menggunakan analisis deskriptif, analisis hipotesis menggunakan kolerasi Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) intensitas melihat tayangan memasak di televisi pada kategori tinggi 0%, kategori sedang 91% dan kategori rendah 9%, (2) minat memasuki SMK Jurusan Boga pada kategori tinggi 1%, kategori sedang 73% dan kategori rendah 26%, (3) terdapat hubungan yang positif antara melihat tayangan memasak di televisi terhadap minat memasuki SMK jurusan boga pada siswa kelas 9 SMP Negeri 3 Depok DIY, dengan nilai kolerasi 0,483 termasuk kategori sedang; nilai signifikasi 0,000; dengan nilai r kuadrat 23%. Kata kunci : intensitas, minat, tayangan memasak, SMK Jurusan Boga.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 10 Jun 2015 02:58
Last Modified: 29 Jan 2019 23:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20280

Actions (login required)

View Item View Item