KEBIJAKAN PROGRAM KETERAMPILAN DENGAN SISTEM ROMBONGAN BELAJAR BAGI TUNAGRAHITA DI SEKOLAH LUAR BIASA PEMBINA YOGYAKARTA

Anita, Kurniati (2014) KEBIJAKAN PROGRAM KETERAMPILAN DENGAN SISTEM ROMBONGAN BELAJAR BAGI TUNAGRAHITA DI SEKOLAH LUAR BIASA PEMBINA YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img] Text
Anita Kurniati_09110241018.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang Kebijakan Program Keterampilan dengan Sistem Rombongan Belajar bagi Tunagrahita di Sekolah Luar Biasa(SLB) Pembina Yogyakarta meliputi proses pengambilan kebijakan, implementasi dan monitoring kebijakan, faktor pendukung dan faktor penghambat, serta evaluasi kebijakan berkaitan dengan permasalahan yang terjadi di lapangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan subjek penelitian ini adalah para pengambil kebijakan program, yaitu Kepala Seksi SLB Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Provinsi DIY serta Kepala Sekolah SLB Pembina. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dengan langkah pengumpulan data, reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh dalam penelitian ini adalah: 1) Proses formulasi kebijakan program keterampilan dengan sistem rombongan belajar bagi anak tunagrahita dirumuskan secara top-down berdasarkan pada Permendiknas No. 22 Tahun 2006. 2) Kebijakan ini diimplementasikan pada masing-masing bengkel kerja yang diampu oleh guru keterampilan dan guru pendamping. 3) Faktor pendukung pelaksanaan kebijakan program ini adalah masyarakat yang sudah berpartisipasi aktif dalam penyelenggaraan pembelajaran di SLB Pembina Yogyakarta, hal ini dibuktikan dengan adanya Rumah Usaha Tunagarhita yang merupakan wadah untuk mengkaryakan anak-anak tunagrahita setelah lulus. 4) Faktor penghambatnya adalah kurangnya tenaga pendidik dan pandangan negatif masyarakat terhadap anak tunagrahita. 5) Evaluasi kebijakan program dilaksanakan oleh Dikdas dan Dikmen melalui penilaian kuantitatif dengan angket dan observasi. Kata kunci : kebijakan, keterampilan dengan sistem rombel, tunagrahita.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Perpustakaan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Kebijakan Pendidikan
Depositing User: Admin Filsafat dan Sosiologi Pendidikan FIP
Date Deposited: 11 Jun 2015 03:28
Last Modified: 29 Jan 2019 23:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20279

Actions (login required)

View Item View Item